PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK PECAHAN DI KELAS IV MI MAARIF NU 01 CIPAWON

Septina, Stela (2012) PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK PECAHAN DI KELAS IV MI MAARIF NU 01 CIPAWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Stela Septina.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pelaksanaan, kekurangan serta kelebihan dari penerapan Teori Belajar Bruner pada pembelajaran Matematika materi pokok pecahan di kelas IV MI Ma’arif NU 01 Cipawon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Objek penelitian ini adalah penerapan Teori Belajar Bruner pada Mata Pelajaran Matematika subpokok bahasan pecahan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman. Penelitian dilakukan selama Bulan Januari sampai dengan Juni 2012. Pemeriksaan Keabsahan Data dalam penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kelas IV MI Ma’arif NU 01 Cipawon telah menerapkan Teori Belajar Bruner pada pembelajaran Matematika materi pokok pecahan yang meliputi tahap enaktif, tahap ikonik dan tahap simbolik, namun masih ada sedikit ketidaksesuaian antara kegiatan yang dilaksanakan dengan tahap belajar menurut Bruner begitu pula dengan media pembelajaran yang digunakan pada masing‐ masing tahap pembelajaran. Kekurangan dalam penerapan teori ini pada pembelajaran yaitu: 1) kurangnya pengetahuan dan kemampuan guru dalam menerapkan Teori Belajar Bruner pada kegiatan pembelajaran; 3) situasi kelas yang kadang menjadi gaduh. Kelebihan dalam pembelajaran ini yaitu: 1) Siswa menjadi semangat dan antusias dalam setiap kegiatan pembelajaran; 2) siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran; 3) dapat melatih kreatifitas siswa untuk memanfaatkan benda‐benda di sekitarnya sebagai media belajar; 4) siswa dapat menemukan pengetahuannya sendiri, sehingga daya ingat siswa terhadap materi yang dipelajari juga lebih lama. Kata kunci: teori belajar Bruner, matematika, bilangan pecahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9975

Actions (login required)

View Item View Item