HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI DONAN 5 KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILACAP

Gulinda , Binasih (2012) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI DONAN 5 KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan hasil belajar matermatika materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri Donan 5, kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Donan 5, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap yang berjumlah 52 siswa. Cara pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur variabel kecerdasan emosi dan dokumentasi untuk memperoleh da ta nilai ulangan harian matematika pada materi pecahan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kecerdasan emosi yang sebelumnya tela h dilakukan uji coba. Instrumen angket diujicobakan terhadap 41 siswa, dengan hasil 25 butir valid dari 30 butir soal yang digunakan. Butir soal tersebut dinyatakan valid jika r xy > rtabel pada taraf signifikan 5% nilai rtabel yaitu 0,308. Untuk butir soal yang valid nilai rhitung lebih besar dari r tabel (0,308) dan untuk butir soal yang tidak valid nilai r hitung lebih kecil dari r tabel (0,308). Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Dari hasil perhitungan dengan mengguna kan rumus maka diperoleh hasil r hitung 0,660. Hasil perhitungan tersebut lebih besar dari nilai r tabel 0,279 (r hitung 0,660 > rtabel 0,279). Hal ini berarti ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dengan hasil belajar matematika kelas IV pada materi pecahan di SD Negeri Donan 5, kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, tahun ajaran 2011/2012. Kata kunci : kecerdasan emosi, hasil belajar matematika, materi pecahan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosi, hasil belajar matematika, materi pecahan
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 01 Feb 2013 06:11
Last Modified: 29 Jan 2019 18:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9683

Actions (login required)

View Item View Item