IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (SEMUA BISA JADI GURU) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMAN 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

RIESKA , FRICELIA (2012) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (SEMUA BISA JADI GURU) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMAN 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 08406241019.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08406241019.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08406241019.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08406241019.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08406241019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pendidikan saat ini tidak terlepas dari peranan guru sebagai pengajar dan siswa sebagai peserta didik. Latar belakang diadakannya penelitian ini salah satunya untuk mengatasi permasalahan yang ada selama ini, termasuk dalam pembelajaran sejarah, diantaranya siswa cenderung merasa bosan jika belajar sejarah. Jika hal ini terus terjadi, maka prestasi siswa dalam belajar sejarah akan menurun. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (semua bisa jadi guru) untuk meningkatkan prestasi belajar Sejarah siswa Kelas XI IPS II SMAN 10 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pelaksanaan penelitian terdapat pre-test tujuannya adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dilakukan penelitian, dan post-test tujuannya untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (semua bisa jadi guru). Teknik-teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I dengan menggunakan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (semua bisa jadi guru) mengalami peningkatan prestasi siswa dengan nilai rata-rata pre-test 5,75 dan post-test 7,42 atau mengalami peningkatan sebesar 1,67. Pada siklus II, metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (semua bisa jadi guru) dikolaborasikan dengan modul dengan tujuan memberikan siswa bahan bacaan baru, dan pada siklus ini mengalami peningkatan prestasi dengan nilai rata-rata pre-test 5,89 dan post-test 8,28 atau mengalami peningkatan sebesar 2,39. Pada siklus III, metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (semua bisa jadi guru) dikolaborasikan dengan Guided Teaching (Panduan Mengajar) dan mengalami peningkatan prestasi dengan nilai rata-rata pre-test 5,60 dan post-test 8,96 atau mengalami peningkatan sebesar 3,35. Dalam penerapan penelitian ini juga peneliti menemukan beberapa kendala yang berkaitan dengan waktu, keaktifan siswa, penyesuaian siswa, dan komunikasi. Kendala tersebut dapat diatasi dengan kerjasama antara guru, peneliti dan siswa. Kata kunci: metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (semua bisa jadi guru), peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (semua bisa jadi guru), peningkatan prestasi belajar.
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 01:38
Last Modified: 29 Jan 2019 17:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8727

Actions (login required)

View Item View Item