PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK MODUL PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2 DI SMP N 1 PATUK GUNUNG KIDUL

Wiwit Wahyu , Rosmawati (2012) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK MODUL PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2 DI SMP N 1 PATUK GUNUNG KIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08301244012.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08301244012.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08301244012.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan modul pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII semester 2 dengan pendekatan PMRI, (2) Mengetahui kualitas modul pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII semester 2 yang dikembangkan dengan pendekatan PMRI yang ditinjau dari aspek kepraktisan dan keefektifan, (3) mengetahui prestasi belajar matematika siswa setelah mempelajari modul materi lingkaran dengan menggunakan pendekatan PMRI. Penelitan ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implamentation, Evaluation). Pada tahap Analysis peneliti melakukan analisis kurikulumdenganstandartkompetensigeometridanpengukuransertakompetensidasarmenen tukanunsurdanbagian-bagianlingkaran, menghitungkelilingdanluaslingkaran, menggunakanhubungansudutpusat, panjangbusur, luasjuringdalampemecahanmasalah.Analisisbahan ajar yang digunakandisekolahtempatdilakukannyapenelitianmenghasilkanbahwabahan ajar yang digunakanmasihkurang, yaituhanyaberpacupadabukupinjamandariperpustakaandantidakuntukdibawapulang, dan analisis karakteristik siswasekolahmenengahpertamadimanapadatahapinidapatdiketahuibahwasiswa SMP lebihsenangdenganpembelajaran yang mengkaitkandengankehidupansehari-hari. Pada tahap design peneliti melakukan penyusunan garis besar isi modul yang berpacu pada prinsip-prinsip PMRI, pengumpulan refrensi yaitu untuk materi lingkaran, dan penentuan spesifikasi modul. Pada tahap development peneliti menyusun modul sesuai dengan hasil perancangan, menilai kualitas modul, dan melakukan revisi awal setelah penilaian kualitas modul. Pada tahapimplementation, modul yang telah valid diujicobakan dalam pembelajaran matematika kelas VIII B SMP N 1 Patukselama 12 kali pertemuan, implementasidilakukanmulaidaritanggal 21 April 2012 hingga 12 Mei 2012 . Pada tahap evaluationmeliputi evaluasi terhadap modul yang dikembangkan. Evaluasi modul tersebut dilakukan antara lain oleh dosen ahli dan guru matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan hasil penilaian kualitas modul oleh dosen ahli materi memperoleh rata-rata 4,01 dengan kriteria kelayakan sangat baik. Sedangkan penilaian modul oleh dosen ahli media memperoleh rata-rata 3,74 dengan kriteria kelayakan baik. Berdasarkan hasil angket guru dan siswa menunjukkan bahwa modul praktis untuk digunakandengan rata-rata 3,8untukangketkepraktisansiswa, dan 4,6 untuklembarevaluasi guru. (2)berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest siswa dapat disimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar kelas yang menggunakan modul viii lebih besar dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan moduldenganujihipotesis 6,78 untuk t hitungdan 1,668 untuk t tabelnya. Kata kunci: Modul, PMRI, ADDIE, lingkaran

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul, PMRI, ADDIE, lingkaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:54
Last Modified: 29 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8411

Actions (login required)

View Item View Item