Wea, Maria Yetsiana (2012) Hubungan antara Pengalaman Pembelajaran, Partisipasi dalam Kegiatan MGMP, dan Motivasi Kerja dengan Kompetensi Profesional Guru Matematika SMP di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-maria-yetsiana-wea-10709251034.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) pengalaman pembelajaran, partisipasi dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan motivasi kerja dengan kompetensi profesional guru matematika SMP di Kabupaten Manggarai, (2) pengalaman pembelajaran dengan kompetensi profesional guru matematika SMP di Kabupaten Manggarai, (3) partisipasi dalam kegiatan MGMP dengan kompetensi profesional guru matematika SMP di Kabupaten Manggarai, dan (4) motivasi kerja dengan kompetensi profesional guru matematika SMP di Kabupaten Manggarai. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional berdasarkan analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian adalah 108 guru yang mengajar matematika pada 49 SMP tergabung dalam empat MGMP matematika di Kabupaten Manggarai. Ditinjau dari jenis MGMP, populasi penelitian ini dikelompokkan atas dua kelompok guru yaitu guru yang terlibat dalam MGMP remote dan MGMP reguler Better Education Through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU) masing-masing dua MGMP. Sampel diambil secara acak berdasarkan jenis MGMP diperoleh dua MGMP remote dan satu MGMP reguler BERMUTU. Ketiga MGMP terpilih sebagai sampel adalah MGMP reguler Langke Rembong I (39 guru), MGMP remote Waepecik Reok (36 guru), MGMP remote Iteng (11 guru). Sehingga jumlah sampel adalah 86 responden yang memenuhi ketentuan jumlah sampel Nomogram Herry King dengan taraf signifikan 5% untuk jumlah populasi yang sudah diketahui. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang posotif dan signifikan antara: (1) pengalaman pembelajaran (X1), partisipasi dalam kegiatan MGMP (X2), dan motivasi kerja (X3) dengan kompetensi profesional guru matematika SMP (Y). Kontribusi yang diperoleh sebesar 64,3% dengan model regresi Y ̂ = 16,320 + 0,332X_1 + 0,456X_2 + 0,221X_3, (2) pengalaman pembelajaran dengan kompetesi profesional guru matematika SMP dengan kontribusi sebesar 41,2% serta kontribusi murninya sebesar 13,24%, (3) partsipasi dalam kegiatan MGMP dengan kompetensi profesional guru matematika SMP dengan kontribusi sebesar 48,7% serta kontribusi murninya sebesar 19,35%, dan (4) motivasi kerja dengan kompetensi profesional guru matematika SMP dengan kontribusi sebesar 44,4% serta kontribusi murninya sebesar 14,68%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengalaman, partisipasi, motivasi kerja, kompetensi profesional |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 02:25 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 04:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8280 |
Actions (login required)
View Item |