Pengaruh Gaya Pengasuhan Orangtua, Gaya Komunikasi Guru dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Resiliensi Online Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Widiarti, Pratiwi Wahyu and Dwiningrum, Siti Irene Astuti (2023) Pengaruh Gaya Pengasuhan Orangtua, Gaya Komunikasi Guru dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Resiliensi Online Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Daerah Istimewa Yogyakarta. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_pratiwi wahyu widiarti_18703264020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)

Abstract

Resiliensi online adalah ketahanan seseorang dalam menghadapi online, terutama sesuatu yang negatif. Resiliensi online dapat dipengaruhi faktor internal dan eksternal. Penelitian ini, menguji hipotesis faktor eksternal yaitu mikrosistem siswa SMP yang berupa gaya pengasuhan orangtua, gaya komunikasi guru, dan dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi online. Penelitian ini adalah penelitian inferensial dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah menengah pertama (SMP) Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang meliputi Kabupaten Sleman, Kulonprogo, Bantul, dan Gunung Kidul dan Kota Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di DIY yang pada tahun 2023 berjumlah 132.809 siswa. Sampel penelitian adalah 638 siswa yang ditentukan dengan teknik multistage sampling (200 siswa sampel uji coba, 438 sampel penelitian). Pengumpulan data menggunakan angket, sedang instrumen Resiliensi Online, Gaya Pengasuhan Orangtua, Gaya Komunikasi Guru, dan Dukungan Teman Sebaya menggunakan model Skala Likert dengan 4 opsi jawaban. Uji validitas instrumen terdiri dari vaiditas isi, menggunakan konsep Indeks Gregory, Indeks validitas instrumen resiliensi online adala 0,63, gaya pengasuhan orangtua adalah 0,81, gaya komunikasi guru adalah 0,72, dukungan sosial teman sebaya adalah: 0,63. Validitas konstruk menggunakan analisis faktor konfirmatori (CFA), juga menggunakan ukuran GOF chi-square, p-value, RMSEA, NFI, SRMR & CFI, dan semua instrumen memiliki kesesuaian (fit) terhadap data atau sampel. Reliabilitas menggunakan rumus Alpha, dengan hasil reliabilitas instrumen resiliensi online 0,855, gaya pengasuhan orangtua 0,865, gaya komunikasi guru 0,902 dan dukungan sosial teman sebaya 0,867. Analisis data menggunakan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian yang menyatakan bahwa ada pengaruh gaya pengasuhan orangtua, gaya komunikasi dan dukungan sosial teman sebaya secara bersama-sama terhadap resiliensi online siswa SMP di DIY teruji, dengan hasil F = 254,792, sign. 0,000. Ada pengaruh gaya pengasuhan orangtua terhadap resiliensi online, dengan hasil uji t = 16,613, sign. 0,000; ada pengaruh gaya komunikasi guru terhadap resiliensi online, dengan hasil uji t = 4,505, sign. 0,000; dan ada pengaruh dukungan sosial teman sebaya dengan hasil uji t = 3,853, sign.0,000. Mikrosistem (Gaya Pengasuhan Orangtua, Gaya Komunikasi Guru dan Dukungan Sosial Teman Sebaya) berkontribusi sebesar 63,8% terhadap resiliensi online (R2 = 0,638). Sumbangan efektif gaya pengasuhan orangtua terhadap resiliensi online sebesar 47%, sumbangan efektif gaya komunikasi guru terhadap resiliensi online sebesar 8,39%, dan sumbangan efektif dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi online sebesar 7,45%.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: gaya pengasuhan orangtua, gaya komunikasi guru, dukungan sosial teman sebaya, resiliensi online
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Bimbingan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Apr 2024 02:25
Last Modified: 19 Apr 2024 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81657

Actions (login required)

View Item View Item