Pengembangan Model Pembelajaran berbasis permainan tradisional untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar peserta didik sekolah dasar kelas atas.

Setiawan, Muhammad Nurhisyam and Suherman, Wawan S (2023) Pengembangan Model Pembelajaran berbasis permainan tradisional untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar peserta didik sekolah dasar kelas atas. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_muhammad nurhisyam ali setiawan_16703261045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan tradisional yang layak dan afektif untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar siswa sekolah dasar dan dapat digunakan guru sebagai wahana pembelajaran yang efektif dan atraktif yang mengotimalkan kemampuan gerak dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas atas dan guru pendidikan jasamani di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data melalui tahap pra-pengembangan, tahap pengembangan, dan tahap pasca-pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Proses pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan tradisional untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar siswa sekolah dasar telah dilakukan dengan sistematis. Dengan mengintegrasikan permainan tradisional sebagai instrumen utama, pendekatan ini menghadirkan metode yang inovatif dan kultural. Proses pengembangan melibatkan serangkaian tahapan, mulai dari identifikasi permainan yang relevan, adaptasi permainan untuk konteks penidikan jasmani, hingga ujicoba dan evaluasi model yang dikembangkan. (2) Model pemblajaran yang dikembangkan terbukti sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Permainana tradisional yang dipilih dan cara penyajian materi didesain dengan mempertimbangkan kebutuhan, minat, dan kemampuan siswa pada usia tersebut. Integrasi budaya dan sejarah dari permainan tradisional menjadikan pembelajaran lebih menarik dan relevan bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. (3) Model Pembelajaran yang dihasilkan efektif dalam meningkatkan kemampuan gerak dasar siswa sekolah. Hal ini terbukti dari peningkatan signifikan dalam kemampuan gerak dasar siswa baik pada kelompok eksperimen maupun kontrol. Oleh karena itu model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif dalam pendidikan jasmani, khususnya dalam upaya mengintegrasikan nilai-nilai tradisional dan budaya melalui permainan tradisional sebagai metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: gerak dasar, model pembelajaran, pendidikan jasmani, permainan tradisional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:44
Last Modified: 28 Mar 2024 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81494

Actions (login required)

View Item View Item