Analisis Faktor Utama Penentu Kemenangan Tim Prawira Harum Bandung Pada Pertandingan Bola Basket IBL Tahun 2023 Menggunakan FIBA Livestats

Nurrohmah, Siti Emmelia (2024) Analisis Faktor Utama Penentu Kemenangan Tim Prawira Harum Bandung Pada Pertandingan Bola Basket IBL Tahun 2023 Menggunakan FIBA Livestats. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_siti emmelia nurrohmah_20602241061.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor utama penentu kemenangan tim Prawira Harum Bandung pada pertandingan bola basket IBL tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menyimpulkan hasil analisis data sesuai dengan prosedur penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada saat IBL tahun 2023 berlangsung. Adapun populasi dari penelitian ini yaitu seluruh tim yang turut serta dalam IBL tahun 2023. Sampel pada penelitian ini yaitu tim Prawira Harum Bandung dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini yaitu FIBA Livestats. Data yang diperoleh berupa print out box score yang kemudian dilakukan analisis menggunakan empat indikator kemenangan suatu tim. Hasil penelitian yang telah dilakukan ini menunjukkan bahwa: (1) offensive rebound menjadi salah satu faktor yang menentukan kemenangan sebanyak 14x dengan rata-rata nilai sebesar 12.2 dan menempati urutan pertama. (2) field goals menjadi salah satu faktor yang menentukan kemenangan sebanyak 9x dengan ratarata nilai sebesar 44.5 dan menempati urutan kedua. (3) turnovers menjadi salah satu faktor yang menentukan kemenangan sebanyak 7x dengan rata-rata nilai sebesar 14.0 dan menempati urutan ketiga. (4) free throw menjadi salah satu faktor yang menentukan kemenangan sebanyak 6x dengan rata-rata nilai sebesar 69.6 dan menempati urutan keempat.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Budi Aryanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis, bola basket, FIBA Livestats, IBL, Prawira Harum Bandung
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:24
Last Modified: 18 Mar 2024 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81412

Actions (login required)

View Item View Item