Penanaman Nilai-Nilai Humanis melalui PembelajaranPAI Berbasis Budaya Lokal di Madrasah Ibtidaiyah Bantul.

Astuti, Rahayu Fuji and Marzuki, Marzuki (2023) Penanaman Nilai-Nilai Humanis melalui PembelajaranPAI Berbasis Budaya Lokal di Madrasah Ibtidaiyah Bantul. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_rahayu fuji astuti_16703261063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan pola penanaman nilai-nilai humanis melalui pembelajaran PAI berbasis budaya lokal di MI Ma’arif Giriloyo 1 dan MI Ma’arif Giriloyo 2, dan (2) menemukan nilai- nilai humanis yang difasilitasi sekolah untuk ditanamkan dalam diri peserta didik di MI Ma’arif Giriloyo 1 dan MI Ma’arif Giriloyo 2. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif Giriloyo 1 dan MI Ma’arif Giriloyo 2 Bantul. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru Pendidikan Agama Islam, yang ditentukan dengan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan penelusuran dokumen. Analisis data menggunakan model fenomenologis yang dikembangkan oleh Creswell dalam lima tahapan, yaitu menuliskan transkrip hasil wawancara, menemukan pernyataan tentang fokus penelitian, mengelompokkan pernyataan- pernyataan tersebut kedalam unit-unit yang bermakna, mengkonstruksi seluruh penjelasan tentang makna dan esensi pengalaman para informan, dan menyusun laporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai humanis yang difasilitasi oleh sekolah untuk ditanamkan dalam diri siswa di MI Ma’arif Giriloyo 1 dan MIMa’arif Giriloyo 2 Bantul bersumber dari nilai illahiyah dan nilai insaniyah yaitu nilai religius, kejujuran, kedisiplinan, dan cinta tanah air. Pola penanaman nilai-nilai humanis melalui pembelajaran PAI berbasis budaya lokal dilakukan melalui empat tahapan, yang meliputi (1) mengenali dan memahami, (2) mengidentifikasi dan mempraktekkan, (3) membiasakan, dan (4) membudayakan; dan lima kegiatan pembelajaran, yaitu (1) pendidikan intrakurikuler (2) pendidikan ekstrakurikuler, (3) pembiasaan rutin, (4) pembiasaan terprogram, dan (5) kegiatan keteladanan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: nilai humanis, pembelajaran PAI, penanaman,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:43
Last Modified: 20 Mar 2024 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81379

Actions (login required)

View Item View Item