Pengembangan Model Flipped Classroom Integratif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa.

Nugraheni, Benedecta Indah and Sukirno, Sukirno (2023) Pengembangan Model Flipped Classroom Integratif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_benedecta indah nugraheni_20703261011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan model Flipped Classroom Integratif (FCI) yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (KBK) dan tanggung jawab belajar (TJB) mahasiswa dalam pembelajaran Akuntansi Pengantar, (2) menghasilkan model FCI yang praktis untuk meningkatkan KBK dan TJB mahasiswa dalam pembelajaran Akuntansi Pengantar, (3) menghasilkan model FCI yang efektif untuk meningkatkan KBK dan TJB mahasiswa dalam pembelajaran Akuntansi Pengantar. Penelitian ini menggunakan desain research and development dengan model four D (define, design, develop, dan disseminate). Validasi model, perangkat implementasi model, dan instrumen penelitian dilakukan oleh para ahli. Kepraktisan model dinilai oleh mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah. Efektivitas model diukur menggunakan quasi-experiment dengan pre-test and post-test control group design. Subjek uji coba terbatas sebanyak 47 mahasiswa, sedangkan subjek uji coba luas sebanyak 289 mahasiswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen sebanyak 143 mahasiswa dan kelompok kontrol sebanyak 146 mahasiswa. Subjek uji coba adalah mahasiswa peserta Mata Kuliah Akuntansi Pengantar di tiga universitas di Yogyakarta (Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Teknologi Yogyakarta). Data kelayakan dan kepraktisan model dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Data efektivitas model dianalisis dengan Mann-Whitney U-test, Wilcoxon test, T-test, dan N-Gain score. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Dihasilkan model FCI yang layak untuk meningkatkan KBK dan TJB mahasiswa dalam pembelajaran Akuntansi Pengantar, (2) Dihasilkan model FCI yang praktis untuk meningkatkan KBK dan TJB mahasiswa dalam pembelajaran Akuntansi Pengantar, (3) Dihasilkan model FCI yang efektif untuk meningkatkan KBK dan TJB mahasiswa dalam pembelajaran Akuntansi Pengantar. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model FCI layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan KBK dan TJB mahasiswa dalam pembelajaran Akuntansi Pengantar.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, flipped classroom integratif, tanggung jawab belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:10
Last Modified: 19 Mar 2024 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81373

Actions (login required)

View Item View Item