Pengembangan Model Discovery Learning Berbasis Local Wisdom untuk Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa Sekolah Dasar.

Kurniawan, Machful Indra and Ghufron, Anik (2023) Pengembangan Model Discovery Learning Berbasis Local Wisdom untuk Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_machful indra kurniawan_16703261052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan model discovery learning berbasis local wisdom (MDBLW) untuk meningkatkan literasi budaya dan kewargaan siswa sekolah dasar, dan (2) menghasilkan model discovery learning berbasis local wisdom yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi budaya dan kewargaan siswa sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall, yang langkah-langkahnya meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pembuatan rancangan produk, (4) ujicoba awal atau terbatas, (5) revisi produk utama, (6) uji coba skala luas, (7) revisi produk operational, (8) uji coba lapangan, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi. Uji coba terbatas dilakukan di SD Muhammadiyah Candi 1 Lab-school UMSIDA di Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo dan uji coba luas dilakukan di SD Muhammadiyah Candi 1 Lab-school UMSIDA di Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo dan SD Muhammadiyah 1 Tulangan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, masing-masing dua kelas pada uji coba luas, dengan dua kelas sebagai kelompok ekperimen dan dua kelas sebagai kelompok control. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes literasi budaya dan kewargaan serta melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model discovery learning berbasis local wisdom terdiri dari tujuh tahapan: identifikasi keadaan dan potensi daerah, pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, olah data, pembuktian, dan generalisasi. (2) Model pembelajaran yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan. (3) Model pembelajaran yang dikembangkan memenuhi syarat kepraktisan berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan model dan kemampuan guru mengelola pembelajaran. (4) model pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini terlihat pada adanya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan model M-DLBLW dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, literasi budaya dan kewargaan, local wisdom
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:50
Last Modified: 14 Mar 2024 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81370

Actions (login required)

View Item View Item