Pengembangan Model Pembelajaran Curiosity of Science for Higher Education (CurSHE) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Efikasi Diri Mahasiswa.

Hidayat, Panji and Aznam, Nurfina (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Curiosity of Science for Higher Education (CurSHE) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Efikasi Diri Mahasiswa. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_panji hidayat_16703261028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Literasi sains dan efikasi diri harus terus ditingkatkan untuk menghadapi tantangan abad-21. Selain itu, upaya ini perlu dilakukan agar tetap kompeten dan memperbaiki ranking dari yang ditetapkan PISA dan TIMSS. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model pembelajaran Curiosity of Science for Higher Education (CurSHE) bagi mahasiswa, (2) mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran tersebut, (3) mengetahui kelayakan model pembelajaran tersebut, dan 4) mengetahui keefektifan model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan literasi sains dan efikasi diri mahasiswa. Penelitian ini merupakan research and development yang mengadopsi model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Pada Tahap Define dilakukan pengumpulan data melalui survei, studi literatur, dan observasi. Pada tahap design dilakukan pengumpulan data melalui penyusunan instrumen penelitian, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal model CurSHE. Pada tahap Develop dilakukan pengumpulan data melalui validasi ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok luas yang bertujuan untuk mendapatkan kelayakan secara luas. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada mahasiswa PGSD UAD semester 2 tahun ajaran 2022/2023 pada kelas D. Uji efektivitas melibatkan mahasiswa PGSD UAD semester 2 tahun ajaran 2022/2023 pada kelas A, B, dan C. Uji Implementasi (Uji kelompok besar) melibatkan mahasiswa PGSD UAD semester 2 tahun ajaran 2022/2023 pada kelas E, F, G, dan H. Uji validitas konten dilakukan melalui teknik Delphi pada tujuh dosen ahli dengan menggunakan lembar penilaian. Selanjutnya, uji validitas konstruk melalui experimental design. Teknik analisis data validitas konten menggunakan formula Aiken’s V. Data keterlaksanaan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Data validitas konstruk menggunakan general linear model dengan Manova untuk mengetahui perbedaan literasi sains pada masing-masing kelas, sedangkan pengaruh model diukur dengan effect size dengan partial eta square. Sementara itu, instrumen efikasi diri hasil adaptasi dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk pengambilan data penelitian. Terakhir pada tahap Disseminate bertujuan untuk menyebarkan model CurSHE. Disseminate dilakukan dengan uji implementasi dan artikel ilmiah yang dimuat pada jurnal Cakrawala dan Edulearn. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) dihasilkan Model CurSHE beserta sintaks-sintaknya dengan perangkat pendukung guidebooks, Modul CurSHE, LKM CurSHE, dan Penilaian CurSHE. 2) Model CurSHE yang dikembangkan terlaksana dengan kategori sangat baik, 3) Model CurSHE yang dihasilkan dinyatakan layak untuk pembelajaran, 4) model pembelajaran CurSHE dinyatakan efektif untuk meningkatkan literasi sains dan efikasi diri.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, kuriositas, literasi sains, Model CurSHE, pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Mar 2024 05:18
Last Modified: 13 Mar 2024 05:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81355

Actions (login required)

View Item View Item