Pengembangan Media Digital Picture Book Dalam Meningkat Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

ANDRIYANA, WIGI (2023) Pengembangan Media Digital Picture Book Dalam Meningkat Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
a.Wigi andriyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media digital picture book dengan model direct instruction yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Model ini terdiri dari tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, revisi produk akhir, implementasi dan desiminasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Se-Gugus II Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta. Uji coba lapangan awal terdiri dari 10 siswa dan 1 guru kelas V SD Negeri Pakem 2, pada uji coba lapangan utama terdiri dari 30 siswa dan 1 guru kelas V SD Negeri Pakem 1, dan pada uji coba lapangan operasional terdiri dari 30 siswa dan 1 guru kelas V SD Negeri Pakem 4. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, skala, dan tes. Analisis data menggunakan uji N-Gain, uji Sign Test, uji Wilcoxon Sign Rank Test, dan uji Spearman Rank Correlation . Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital picture books layak dan praktis digunakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media serta hasil angket respon guru dan siswa. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa produk digital picture books efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V setelah mendapatkan perlakuan. Kemudian hasil Sign Test memperoleh nilai signifikansi lebih kecil <0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa digital picture books efektif dalam meningkatkan hasil belajar kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Direct Instruction, Digital Picture Books, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:41
Last Modified: 06 Mar 2024 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81266

Actions (login required)

View Item View Item