Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Kelas IV SD

Ulfah, Amaliyah (2012) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-amaliyah-ulfah-10712251014.swf

Download (4MB)

Abstract

Subject Specific Pedagogy (SSP) merupakan pengemasan materi bidang studi menjadi seperangkat pembelajaran yang komprehensif dan mendidik. SSP terdiri dari lima komponen dasar yaitu silabus, RPP, buku siswa, LKS, dan lembar penilaian. Selama ini belum tersedia perangkat pembelajaran seperti SSP di sekolah dasar yang diintegrasikan dengan nilai-nilai karakter, sehingga SSP perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan SSP IPA yang dikembangkan untuk mengembangkan tanggung jawab dan kepedulian peserta didik kelas IV SD, (2) penerapan SSP IPA untuk mengembangkan tanggung jawab dan kepedulian peserta didik kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Tahapan penelitian terdiri dari studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi uji coba terbatas, uji coba lapangan utama, dan revisi produk uji coba lapangan utama. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tahunan dan SD Negeri Golo Yogyakarta. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Tahunan sebanyak 15 siswa. Uji coba lapangan utama dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Golo sebanyak 2 kelas. Kelas A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi perangkat SSP, lembar observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengembangan SSP untuk mengembangkan karakter tanggung jawab dan kepedulian peserta didik layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil telaah kelayakan oleh ahli untuk silabus mendapatkan penilaian “sangat baik”, RPP berkategori “baik”, buku siswa berkategori “baik”, LKS berkategori “sangat baik”, lembar penilaian tes hasil belajar berkategori “baik”, dan lembar penilaian karakter berkategori “sangat baik”. Penerapan SSP dalam pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan baik. Penerapan SSP dalam pembelajaran IPA mampu mengembangkan karakter tanggung jawab dan kepedulian siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, Subject Specific Pedagogy, IPA, karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 02:45
Last Modified: 29 Jan 2019 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8126

Actions (login required)

View Item View Item