ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 4 YOGYAKARTA (STUDI KASUS)

Rahmawati, Erika Nur (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 4 YOGYAKARTA (STUDI KASUS). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI_Erika Nur Rahmawati_18108244084.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang faktor-faktor yang mempengaruhi karakter tanggung jawab pada peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi karakter tanggung jawab peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas 4 SD Negeri Kotagede 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (studi kasus) dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah peserta didik, Wali kelas, dan Orang tua. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Data yang diambil tentang faktor faktor karakter tanggung jawab peserta didik. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan instrumen panduan observasi, panduan wawancara dan panduan dokumentasi. Analisis data penelitian ini terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Triangulasi dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triagulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi karakter tanggung jawab peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri 4 Kotagede adalah peran orang tua, peran wali kelas, dan lingkungan belajar peserta didik; (2) peran orang tua sebagai pendidik, pendamping, fasilitator, dan motivator tercapainya karakter tanggung jawab peserta didik; (3) peran wali kelas menanamkan dan menerapkan karakter tanggung jawab peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas; (4) lingkungan mendorong karakter tanggung jawab peserta didik dan dapat menumbuhkan minat serta motivasi peserta didik. Kata kunci : faktor-faktor,karakter, tanggung jawab

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Mar 2024 04:31
Last Modified: 05 Mar 2024 04:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81244

Actions (login required)

View Item View Item