Pengembangan E-Modul Pancasila untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Digital Mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

ROHMAH, LAILATI (2023) Pengembangan E-Modul Pancasila untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Digital Mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
b. lailati rohmah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kevalidan e-modul Pancasila dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis & literasi digital mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, (2) kepraktisan e-modul Pancasila dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis & literasi digital mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan (3) keefektifan e-modul Pancasila dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis & literasi digital mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Penelitian ini adalah research and development dengan mengacu pada lima (5) Langkah pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implement, dan evaluate). Subjek uji coba terdiri dari tiga (3) tahap yakni one to one trial, small group trial & field trial, dilanjutkan pada uji implementasi yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tahap analyze meliputi analisis kebutuhan, analisis mahasiswa, analisis kegiatan pembelajaran serta analisis terhadap materi. Tahap design meliputi penyusunan outline e-modul berupa pemilihan media dan format e-modul serta membuat desain isi pembelajaran dalam e-modul. Tahap development meliputi pengembangan produk serta pengembangan instrumen untuk divalidasi dan pengumpulan data. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian diantaranya lembar kelayakan untuk dosen ahli, lembar kepraktisan untuk dosen pancasila dan mahasiswa uji coba, serta soal tes kemampuan berpikir kritis dan literasi digital. Tahap implement meliputi penerapan e- modul yang telah dikembangkan pada mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Bentuk eksperimen yang digunakan pada tahap ini adalah true experimental design dengan desain Posttest-Only Control Design. Tahap evaluate meliputi bentuk evaluasi yang dilakukan pada setiap tahap ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan uji-t dua sampel independen (Independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-modul Pancasila yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media (2) e-modul Pancasila yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil uji coba respon mahasiswa dan dosen pengampu dengan kriteria sangat praktis untuk digunakan, dan (3) e-modul Pancasila yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi (p) > 0,05 sehingga e-modul Pancasila efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis & literasi digital mahasiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: e-modul pancasila, kemampuan berpikir kritis, literasi digital.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 29 Feb 2024 06:26
Last Modified: 29 Feb 2024 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81170

Actions (login required)

View Item View Item