Analisis Konten Literasi Sains pada Buku Guru Tematik Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2020

MUNFAIDA, SITI (2023) Analisis Konten Literasi Sains pada Buku Guru Tematik Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2020. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
20712251034 -Siti Munfaida.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) muatan literasi sains aspek batang tubuh ilmu pengetahuan, (2) muatan literasi sains aspek jalan untuk menyelidiki, (3) muatan literasi sains aspek jalan cara berpikir (4) muatan literasi sains aspek Interaksi Sains, Teknologi, Masyarakat, dan Lingkungan pada buku guru tematik kelas V SD/MI kurikulum 2013 edisi 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis konten. Subjek penelitian ini adalah buku guru Kurikulum 2013 kelas V Sekolah Dasar. Objek penelitian ini adalah muatan literasi sains. Unit analisis berupa instruksi dan materi yang tercantum pada buku teks. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pembacaan dan pencatatan yang cermat. Instrumen yang digunakan berupa lembar analisis konten yang disusun berdasarkan landasan teori. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas semantis yang dilakukan oleh ahli. Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas stabilitas dan reproduktabilitas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari: pengumpulan data, pencatatan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua indikator muatan literasi sains belum terpenuhi pada setiap tema dan pembelajaran dalam buku guru kurikulum 2013 karena hal ini dipengaruhi oleh karakteristik siswa kelas V. Pada aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan, terdiri 6 indikator, yaitu: fakta, konsep, Prinsip, meminta peserta didik untuk mengingat pengetahuan atau informasi sesuai dengan karakteristik siswa di kelas V. sedangkan indikator hukum dan teori siswa mampu berpikir abstrak tetapi belum pada level tinggi. Pada aspek sains sebagai jalan untuk menyelidiki, terdiri 8 indikator sains sebagai jalan menyelidikan yaitu; observasi, klasifikasi, mempredisi, komunikasi, kesimpulan, merencanakan percobaan, melibatkan peserta didik dalam eksperimen atau aktivitas berpikir sangat sesuai dengan karakteristik siswa di kelas V yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, mampu memecahkan masalah, suka mencoba hal baru (bereksperimen), dan memberikan argumen. Kecuali pada indikator hipotesis, hal ini disebabkan karakteristik siswa di kelas V belum mampu untuk membuat suatu hipotesis. Pada aspek sains sebagai cara berpikir, terdiri 3 indikator, yaitu: menunjukkan bagaimana sains berjalan dengan pertimbangan induktif dan deduktif, mengemukakan argumen, memberikan hubungan sebab akibat sesuai dengan karakteristik siswa di kelas V yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, mampu memecahkan masalah, dan memberikan argumen. Sedangkan pada aspek interaksi sains, teknologi dan masyarakat, dan lingkungan indikatornya yaitu; mendeskripsikan kegunaan sains dan teknologi dalam masyarakat, mendiskusikan isu sosial yang berhubungan dengan teknologi dan menyebutkan pekerjaan-pekerjaan dalam bidang sains dan teknologi sesuai dengan karakteristik siswa di kelas V tetapi didalam buku guru belum dimunculkan indikator ini. Sedangkan indikator menekankan efek negatif dari teknologi dalam masyarakat siswa belum mampu tingkat tinggi memberikan tanggapan efek negatif dari teknologi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: literasi sains, buku guru kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:27
Last Modified: 28 Feb 2024 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81071

Actions (login required)

View Item View Item