Strategi Penanaman Karakter Rasa Ingin Tahu di SD Sanggar Anak Alam.

HANDOKO, HERU (2024) Strategi Penanaman Karakter Rasa Ingin Tahu di SD Sanggar Anak Alam. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
fulltext_heru handoko_18712251036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51MB)

Abstract

Karakter rasa ingin tahu merupakan kemauan yang senantiasa muncul dari dalam diri seseorang untuk mengetahui sesuatu hingga mendorongnya terus belajar. Siswa yang berkarakter rasa ingin tahu dimungkinkan di masa depan dapat menjadi inovator dalam berbagai bidang esensial kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi penanaman karakter rasa ingin tahu di SD Sanggar Anak Alam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Obseservasi dilakukan pada beragam kegiatan di SD Sanggar Anak Alam. Wawancara dilakukan pada: kepala SD Sanggar Anak Alam, koordinator kelas rendah (1-3), koordinator kelas tinggi (4-6), koordinator kelas minat, dan siswa. Dokumentasi berupa dokumen dan foto pelaksanaan beragam kegiatan di SD Sanggar Anak Alam. Uji keabsahan data mengunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi penanaman karakter rasa ingin tahu di SD Sanggar Anak Alam dilakukan, melalui: (1) intrakurikuler; (2) kokurikuler; (3) ekstrakurikuler; dan (4) budaya sekolah. Strategi penanaman karakter rasa ingin tahu di SD Sanggar Anak Alam melalui intrakurkuler, berupa: kelas bercerita, kelas berdiskusi, kelas orang tua mengajar, dan kelas musik. Strategi penanaman karakter rasa ingin tahu di SD Sanggar Anak Alam melalui kokurikuler, berupa: riset bersama, riset individu, dan riset kelompok. Strategi penanaman karakter rasa ingin tahu di SD Sanggar Anak Alam melalui ekstrakurikuler, berupa: kelas minat. Strategi penanaman karakter rasa ingin tahu di SD Sanggar Anak Alam melalui budaya sekolah, berupa: game pagi, kunjungan perpustakaan, kunjungan museum, upacara Wiwitan, dan kegiatan pasar pangan sehat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: karakter rasa ingin tahu, sekolah dasar, Sanggar Anak Alam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:15
Last Modified: 22 Feb 2024 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80934

Actions (login required)

View Item View Item