Pengembangan Learning Management System (LMS) “Ragam Budaya” Muatan IPS Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Siswa Kelas IV SD Gugus III Tamantirto Kasihan Bantul

RAMADHANl, FAISAL HAFIDH YANUAR (2024) Pengembangan Learning Management System (LMS) “Ragam Budaya” Muatan IPS Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Siswa Kelas IV SD Gugus III Tamantirto Kasihan Bantul. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
4 . 20712251033 _Faisal Hafidh Yanuar Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) mengetahui kelayakan media LMS “Ragam Budaya” untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif pada siswa kelas IV SD, 2) mengetahui kepraktisan media LMS “Ragam Budaya” untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD, serta 3) menguji keefektifan media LMS “Ragam Budaya” dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan dilakukan di 4 kelas dari 3 sekolah dasar yang berada di kawasan Gugus III Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini berpedoman pada 5 langkah pengembangan ADDIE. Penelitian melalui tiga proses uji coba dengan subjek 10 siswa pada uji kelompok, 25 siswa pada uji lapangan, dan 54 siswa pada uji operasional dengan terbagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data didapatkan melalui wawancara, observasi, studi pustaka, skala penilaian diri dan hasil belajar kognitif. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Skala ahli materi dan media digunakan untuk mengetahui kelayakan media LMS “Ragam Budaya” yang dianalisis dengan konversi skor dalam 4 kategori. Skala respon pengguna digunakan untuk mengetahui kepraktisan. Adapun keefektifan media LMS “Ragam Budaya” dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan 1) media LMS “Ragam Budaya” telah memenuhi kriteria berdasarkan hasil validasi materi dari validator dengan rata-rata skor 3,7 kategori “Sangat Layak”, hasil validasi media dari validator dengan rata-rata skor 3,1 kategori “Sangat Layak”, 2) media LMS “Ragam Budaya” memeroleh rerata skor kepraktisan berdasar respon guru pada uji kelompok dan lapangan masing-masing 3,34 dan 3,8 kategori “Sangat Baik”, serta respon siswa masing-masing 3,5 dan 3,7 kategori “Sangat Baik”, dan 3) media LMS “Ragam Budaya” dinyatakan efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Hasil uji Manova menunjukkan bahwa media LMS “Ragam Budaya” efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p≤0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: media LMS “Ragam Budaya”, motivasi belajar, hasil belajar kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:53
Last Modified: 26 Feb 2024 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80930

Actions (login required)

View Item View Item