Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Model Discovery Learning Pada Perubahan Energi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Sains dan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mejing 2.

Widyasari, Astri (2024) Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Model Discovery Learning Pada Perubahan Energi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Sains dan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mejing 2. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
5. 20712251049 -Astri Widyasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan (1) media virtual laboratory berbasis model discovery learning yang memenuhi kriteria kelayakkan, (2) mengetahui kepraktisan produk saat digunakan siswa, (3) mengetahui keefektifan media untuk meningkatkan pemahaman konsep sains dan literasi sains. Penelitian ini merupakan Research and Development dilaksanakan di SD Negeri Mejing 2, Kecamatan Gamping, Yogyakarta. Tahapan pengembangan penelitian mengacu pada 5 Tahapan ADDIE. Subjek uji coba terdiri dari 50 siswa kelas IV sekolah dasar. Tahap pertama adalah analisis lapangan, mendesain media berdasarkan hasil analisis, membuat media sesuai desain dan melakukan uji coba, mengimplikasikan media pada subyek, dan melakukan evaluasi. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Analisis data diperoleh berdasarkan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh berdasarkan wawancara dan observasi awal. Data kuantitatif diperoleh dari skala penilaian ahli media, ahli materi, respon siswa, respon guru, soal pemahaman konsep sains, dan soal literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media virtual laboratory berbasis model discovery learning memperoleh skor 3,73 dan dinyatakan layak oleh ahli media dengan kriteria sangat baik. Media virtual laboratory berbasis model discovery learning juga memperoleh skor 3,67 oleh ahli materi dengan kriteria sangat baik; (2) media virtual laboratory berbasis model discovery learning dinyatakan memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan uji coba subjek pada siswa dan guru pada uji coba perorangan, uji kelas kecil, dan uji coba lapangan; (3) media virtual laboratory berbasis model discovery learning yang dihasilkan telah memenuhi kriteria efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep sains dan literasi sains siswa kelas IV sekolah dasar. Hal ini berdasarkan hasil skor N-gain menunjukkan bahwa nilai pemahaman konsep sains dan literasi sains siswa di kelas eskperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol. Hasil uji t dan uji MANOVA menunjukkan bahwa media virtual laboratory berbasis model discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep sains dan literasi sains siswa kelas IV sekolah dasar dengan nilai sig 0,000 (p≤0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: virtual laboratory, model discovery learning pemahaman konsep sains, literasi sains
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:11
Last Modified: 26 Feb 2024 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80929

Actions (login required)

View Item View Item