Pengembangan E-modul Interaktif Kayanya Negeriku untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Sains Peserta Didik Kelas IV SD se- Gugus III Kecamatan Pundong

ISKHAMDHANAH, BAROROH (2023) Pengembangan E-modul Interaktif Kayanya Negeriku untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Sains Peserta Didik Kelas IV SD se- Gugus III Kecamatan Pundong. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
20712251028 _Baroroh Iskhamdhanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan e-modul interaktif kayanya negeriku yang memenuhi kriteria kelayakan, dan 2) mengetahui keefektifan e-modul interaktif kayanya negeriku yang dihasilkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan literasi sains peserta didik kelas IV SD Kecamatan Pundong. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Uji kelayakan produk dilakukan oleh validator ahli media dan validator ahli materi. Subjek uji coba one to one trial adalah tiga orang peserta didik dan 1 orang guru di SD Negeri Becari. Subjek Uji coba small group trial adalah 15 orang peserta didik dan 1 guru di SD Negeri Soka. Subjek uji field trial yaitu 20 peserta didik SD Muhammadiyah Kalinampu 1 sebagai kelas kontrol dan 20 peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Kalipakem 1 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, lembar penilaian produk, skala respon guru dan skala respon peserta didik, serta skala motivasi belajar dan test literasi sains. Keefektifan e-modul interaktif kayanya negeriku untuk meningkatkan motivasi belajar dan literasi sains peserta didik kelas IV SD dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-modul interaktif yang dihasilkan memenuhi kriteria “sangat layak” menurut penilaian ahli media dan ahli materi, pada uji coba one to one trial memperoleh kategori “Layak” dari respon yang diberikan oleh guru dan memperoleh katagori “Sangat Layak” dari respon peserta didik, sedangkan pada uji coba small group trial memperoleh katagori “Sangat Layak” dari respon yang diberikan oleh guru dan peserta didik; (2) e-modul interaktif tersebut efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan literasi sains peserta didik kelas IV SD. Hasil pengujian uji-t dan uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa e-modul interaktif kayanya negeriku dapat meningkatkan motivasi belajar dan literasi sains peserta didik kelas IV SD secara signifikan dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: E-modul Interaktif, Motivasi Belajar, Literasi Sains
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Feb 2024 01:22
Last Modified: 28 Feb 2024 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80914

Actions (login required)

View Item View Item