Rahmi, Ulva and Istiyono, Edi (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih pada Madrasah Tsanawiyah. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
Text
disertasi-ulva rahmi-16701261026.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menghasilkan konstruk instrumen penilaian hasil belajar siswa mata pelajaran Fikih, (2) menguji kualitas instrumen penilaian hasil belajar hasil belajar siswa mata pelajaran Fikih, dan (3) menganalisis capaian kompetensi hasil belajar siswa mata pelajaran Fikih menggunakan instrumen penilaian yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan instrumen perpaduan model Wilson dan Oriondo & Antonio. Produk awal dari instrumen yang dikembangkan divalidasi oleh pakar yang berjumlah 5 orang. Uji coba dilakukan pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Pariaman dan siswa MTsN Sijunjung yang berjumlah 411 siswa pada uji coba terbatas dan 736 siswa pada ujicoba diperluas yang terdiri dari siswa MTsN yang tersebar di 6 kota/kabupaten yang ada di propinsi Sumatera Barat. Pelaksanaan penilaian dilakukan berdasarkan dua instrumen yang telah dikembangkan. Validitas konstruk dibuktikan dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA) berbantuan software Lisrel 8.50. Koefisien reliabilitas instrumen diestimasi dengan Construct Reliability (CR). Karakteristik butir dianalisis dengan IRT model Rasch berbantuan program Winstep versi 3.73. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) instrumen penilaian hasil belajar siwa pada Madrasah Tsanawiyah terdiri atas dua instrumen, yaitu instrumen kognitif dan instrumen afektif. Instrumen kognitif terdiri atas dua pokok bahasan dengan 11 indikator yang tersebar pada 34 butir instrumen dan instrumen afektif dengan 5 indikator yang tersebar pada 15 butir item. (2) Instrumen penilaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah teruji secara teoritis dan praktis. Instrumen yang dikembangkan memiliki bukti validitas dan reliabilitas yang baik sebagaimana yang ditunjukkan pada nilai koefisien V berda di atas 0,80, validitas konstruk ditunjukkan oleh nilai koefisien loading faktor (SLF) > 0,30 dan nilai koefisien reliabilitas konstruk untuk instrumen kognitif sebesar 0, 74 dan instrumen afektif sebesar 0,94, (2) karakteristik butir dari instrumen yang dikembangkan diketahui bahwa seluruh butir instrumen memiliki karakteristik yang baik dengan tingkat kesulitan 0, 59 – 1,52 untuk instrumen kognitf dan -0,03 – 1,59 untuk butir instrumen afektif. Instrumen yang dikembangkan memiliki nilai fungsi informasi yang lebih tinggi dibandingkan kesalahan pengukurannya. (3) Capaian hasil belajar siswa menggunakan instrumen ini adalah sebesar 35,3 % di atas KKM untuk aspek kognitif dan 43,3% berada pada kategori sangat baik dan baik pada aspek afektif. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan dianggap layak digunakan untuk peserta tes dengan kemampuan -3 - +3 dalam menggali informasi capaian hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fikih, Hasil Belajar, MTs, Pengembangan Instrumen. |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:41 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 04:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80088 |
Actions (login required)
View Item |