Model Hirarki Teori Respons Butir Dua Parameter dengan Variabel Random Waktu Respons untuk Tes Berbasis Komputer.

Zuroidah, Ninik and Kumaidi, Kumaidi (2023) Model Hirarki Teori Respons Butir Dua Parameter dengan Variabel Random Waktu Respons untuk Tes Berbasis Komputer. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-ninik zuroidah-17701261022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Tes berbasis komputer menghasilkan dua informasi penting yaitu akurasi respons dan waktu respons sebagai indikator mengukur kemampuan peserta tes. Selama ini hasil tes diestimasi hanya menggunakan informasi akurasi respons tanpa melibatkan waktu respons, dan setiap tes pasti dibatasi oleh waktu, sehingga estimasi hasil tes tersebut dinilai belum dapat menggambarkan kondisi tes sesungguhnya. Penelitian ini mengembangkan persamaan matematis model bersama (joint models) akurasi respons dan waktu respons secara hirarki. Model ini mampu meningkatkan akurasi estimasi hasil tes. Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan persamaan matematis model hirarki akurasi respons dan waktu respons yang mampu menjelaskan kondisi realistis tes berbasis komputer dengan batasan waktu menjawab; (2) Mengetahui estimasi parameter model hirarki; (3) Membandingkan keakuratan estimasi parameter antara model hirarki akurasi respons dan waktu respons dengan model terpisah akurasi respons dengan waktu respons pada data simulasi dan empiris; (4) Membandingkan kecocokan model hirarki akurasi respons dan waktu respons dengan model terpisah akurasi respons terpisah dengan waktu respons pada data simulasi dan empiris. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model pengukuran untuk mengestimasi hasil tes. Analisis utama dalam penelitian ini, yaitu (1) mengembangkan kerangka model bersama (joint models) akurasi respons dan waktu respons secara hirarki kemudian mengestimasi parameter model hirarki menggunakan metode Bayesian Markov Chain Monte Carlo (MCMC) Gibbs Sampling; (2) Menguji keakuratan hasil estimasi parameter model hirarki dan menguji kecocokan model hirarki pada data simulasi dan data empiris. Data simulasi dibangkitkan menggunakan skenario dengan mengkombinasikan jumlah peserta tes dengan jumlah butir dan besaran korelasi (indeks person rho dan item rho). Data empiris dalam penelitian ini merupakan hasil CBT SNPDB Madrasah Aliyah Negeri unggulan Insan Cendekia (MAN IC) Kemenag RI tahun 2019 bidang Matematika yang terdiri dari 15 butir soal dan diikuti oleh 1.559 peserta tes. Tes dilaksanakan dengan batasan waktu mengerjakan adalah 30 menit. Data dianalisis secara deskrpitif kuantitatif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Produk yang dihasilkan adalah kerangka model hirarki yang tersusun atas model Teori Respons Butir (TRB) 2 parameter dan model Lognormal pada tingkat pertama (level individu) dan model normal bivariat pada tingkat kedua (level kelompok). Model disusun oleh person parameter (parameter kemampuan dan kecepatan menjawab) dan item parameter (parameter tingkat kesulitan butir, daya beda butir dan time intensity) serta person rho dan item rho parameter; (2) Parameter model hirarki di estimasi menggunakan metode Bayesian dengan prior menggunakan fungsi distribusi normal bivariat dengan mean sama dengan nol dan ragam sama dengan satu dan fungsi distribusi Inverse-Wishart untuk mengestimasi nilai rata-rata dan varian covarian dari fungsi distribusi normal bivariat; (3) Implementasi model hirarki dan terpisah pada data simulasi menunjukkan bahwa secara umum nilai bias dan RMSE penduga parameter model hirarki lebih kecil jika dibandingkan dengan model terpisah dan bertambahnya jumlah peserta tes dapat meningkatkan akurasi estimasi penduga parameter model hirarki; Pada data empiris menunjukkan bahwa nilai varians penduga parameter model hirarki lebih kecil (lebih evisien) dari penduga parameter pada model terpisah; (4) Implementasi model hirarki dan terpisah pada data simulasi dan empiris menghasilkan informasi bahwa nilai statistik Deviance Information Creterion (DIC) model hirarki lebih rendah (kecil) jika dibandingkan nilai DIC model terpisah, sehingga model hirarki dinyatakan lebih cocok dibandingkan dengan model terpisah untuk mengungkap kondisi realistis tes berbasis kompeter dengan batasan waktu menjawab.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Akurasi respons, Waktu respons, Teori respons butir, Lognormal, model bersama (joint models), model terpisah (separated models), model hirarki, Bayesian MCMC.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:19
Last Modified: 15 Jan 2024 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80040

Actions (login required)

View Item View Item