Model Assessment for Learning Kompetensi Penghayatan Iman pada Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas X SMA Yogyakarta.

Paskarani, Anggia and Wening, Sri (2023) Model Assessment for Learning Kompetensi Penghayatan Iman pada Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas X SMA Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis-anggia paskarani-21701251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan desain model assessment for learning (AfL) untuk meningkatkan pemahaman, sikap, dan perilaku pengembangan iman peserta didik kelas X SMA, (2) mengungkapkan kualitas model AfL yang digunakan pada pembelajaran agama Katolik kelas X, (3) menghasilkan gambaran implementasi model AfL yang digunakan pada pembelajaran agama Katolik kelas X, dan (4) mengungkapkan efektivitas penggunaaan model AfL pada pembelajaran agama Katolik kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan pendidikan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Pada tahap analysis, dilakukan studi pendahuluan, kajian, dan masalah serta kebutuhan. Pada tahap design, disusun model dan instrumen AfL. Pada tahap development, prototype model dan instrumen model divalidasi oleh para ahli, dan guru dilatih dalam menggunakan model. Pada tahap implementation, uji coba terbatas dan diperluas dilakukan. Tahap evaluation terkait pada penggunaan model AfL. Subjek uji coba adalah peserta didik agama Katolik kelas X SMA Negeri 3 Yogyakarta pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dengan kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan angket dan tes serta melalui dokumentasi dan wawancara. Penyajian data hasil penelitian menggunakan tabel, grafik, dan diagram. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Model AfL pembelajaran pendidikan agama Katolik pemahaman, sikap, dan perilaku penghayatan iman peserta didik kelas X SMA berhasil dikembangkan melalui pengembangan ADDIE. (2) Kualitas model AfL yang digunakan pada pembelajaran agama Katolik kelas X SMA terbukti valid dan reliabel. Hal ini dibuktikan dengan analisis validitas model, validasi seperangkat instrumen Assessment for Learning dan reliabilitas yang menghasilkan skor rata-rata 3,63 dan validitas Aiken’s V menghasilkan nilai rata-rata 0,904 pada kategori sangat valid dan sangat tinggi serta reliabilitas ICC menghasilkan nilai rata-rata skor 0,765 pada kategori reliabel. (3) Implementasi model AfL yang digunakan pada pembelajaran agama Katolik kelas X SMA berhasil, dibuktikan dengan nilai rata-rata pemahaman, sikap dan perilaku penghayatan iman dari siklus 1 sampai siklus 3 mengalami peningkatan. (4) Model Assessment for Learning terbukti efektif digunakan pada pembelajaran pendidikan agama Katolik kelas X SMA. Hal ini dibuktikan dengan hasil efektivitas penggunaan model AfL oleh guru dan peserta didik menunjukkan hasil skor rata-rata 3,505 pada kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: assessment for learning, pembelajaran pendidikan agama Katolik, penghayatan iman
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:56
Last Modified: 27 Nov 2023 04:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79642

Actions (login required)

View Item View Item