Tingkat Pegetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Kelas Atas SD Negeri Bendo Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023

Mianto, Galih Nur (2023) Tingkat Pegetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Kelas Atas SD Negeri Bendo Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_galih nur mianto_18604224008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) siswa kelas atas SD Negeri Bendo Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket sejumlah 36 butir pernyataan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Bendo Gunungkidul kelas atas sebanyak 54 siswa. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif lalu dituangkan dalam bentuk presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan peneliti pada siswa kelas atas di SD Negeri Bendo diperoleh sebanyak 26% atau 14 siswa masuk kategori baik, 54% atau 29 siswa masuk kategori cukup dan 20% masuk kategori kurang atau 11 siswa. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) SD Negeri Bendo Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023 mayoritas dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Heri Yogo Prayadi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, PHBS, kelas atas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:49
Last Modified: 23 Nov 2023 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79626

Actions (login required)

View Item View Item