Pengembangan Instrumen Kemampuan Numerasi Konteks Karakter Siswa SMP.

Zakiyah, Uly Mar'atu and Rosnawati, Raden (2023) Pengembangan Instrumen Kemampuan Numerasi Konteks Karakter Siswa SMP. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis-uly maratu zakiyah-19701251023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

laian nasional. Hal ini perlu mendapat dukungan berupa masukan bank soal untuk sekolah agar menambah ragam soal dengan kualifikasi yang baik. Penelitian ini mengembangkan instrumen numerasi berbasis AKM yang terintegrasi dengan karakter kolaborasi dan resiliensi dengan tujuan (1) mengidentifikasi konstruksi instrumen tes kemampuan numerasi dan penilaian diri karakter, (2) mengukur kualitas dan karakteristik instrumen, (3) mendeskripsikan profil kemampuan numerasi serta karakter siswa, (4) menguji korelasi keduanya, (5) serta mengukur kepraktisannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Langkah pengembangan instrumen tes mengacu pada model Wilson dan Model Oriodo. Sedangkan instrumen penilaian diri mengacu pada model Mardapi. Teknik sampling menggunakan stratified random sampling. Subjek uji coba terdiri dari 723 siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi, sebanyak 203 untuk uji coba skalakecil dan 520 untuk skala luas. Teknik analisis pada tes menggunakan teori klasik, sedangkan analisis pada penilaian diri menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA). Untuk mengukur korelasi keduanya digunakan statistika nonparametrik menggunakan metode Ranking Kendall Tau (τ). Teknik analisis data pada konstruksi, profil siswa menggunakan deskripstif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk instrumen penilaian tes disusun menggunakan acuan AKM dan terintegrasi dengan karater resiliensi dan kolaborasi. Soal terdiri dari 28 butir dengan 5 bentuk soal berupa 13 butir pilihan ganda, 4 butir pilihan ganda kompleks, 5 butir isian, 4 butir menjodohkan, dan 2 butir uraian. Produk instrumen penilaian diri terdiri dari 16 butir resiliensi dan 12 butir kolaborasi. Empat faktor yang terbentuk yaitu regulasi emosi, kontrol impuls dan analisis kausal, empati dan menjangkau peluang, serta optimisme realistis dan efikasi diri. (2) Tes dan Penilaian diri yang dikembangkan memiliki kualitas berupa; a) hasil validasi ahli yang valid, b) nilai reliabilitas dan reliabilitas komposit tergolong reliabel, c) nilai validasi konstruk berupa Multi Trait-Multi Method (MTMM) dan EFA tergolong valid, dan d) tingkat kesukaran daya beda butir yang baik pada tes. (3) Profil kemampuan numerasi siswa tergolong cukup kuat dengan karakter siswa yang tergolong kuat. (4) Kemampuan numerasi dan karakter siswa terbukti memiliki korelasi yang kuat. (5) Instrumen tes non tes juga terukur dalam kategori praktis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: AKM, numerasi, karakter, kolaborasi, resiliensi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:38
Last Modified: 23 Nov 2023 01:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79598

Actions (login required)

View Item View Item