Pola Prakerin Sekolah Menengah Kejuruan Musik (Studi Di SMK Negeri 2 Kasihan, Bantul).

Wicaksono, Herwin Yogo and Sayuti, Suminto A (2023) Pola Prakerin Sekolah Menengah Kejuruan Musik (Studi Di SMK Negeri 2 Kasihan, Bantul). S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-herwin yogo wicaksono-15702261004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengungkapkan (1) alasan penyelenggaraan prakerin bidang keahlian musik yang diselenggarakan pihak SMK Negeri 2 Kasihan,Bantul berupa pementasan-pementasan musik di sekolah-sekolah menengah pertama (SMP) maupun di berbagai lembaga/instansi, (2) kegiatan prakerin yang telah diselenggarakan oleh sekolah selama ini dalam memfasilitasi lulusan menghadapi persaingan kerja yang sangat kompetitif, khususnya di era abad 21, (3) wawasan dan persiapan lulusan terhadap karir bidang keahlian musik yang terdapat di dunia kerja dalam menghadapi persaingan kerja yang sangat kompetitif di era abad 21, dan (4) alasan karir di bidang keahlian musik yang disiapkan oleh pihak sekolah di era abad 21 cenderung ke pemain musik saja. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kasihan, Bantul. Data diperoleh melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru- guru pembimbing dan pendamping program prakerin, serta peserta didik, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Keabsahan data dilakukan denganmengumpulkan berbagai bukti hasil penelitian berupa foto, rekaman audio, video, dan kondisi nyata di lapangan ketika melakukan pementasan musik. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman melalui pemaknaan data yang tersaji selama di lapangan dan sesudah meninggalkan lapangan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pelaksanaan program prakerin bidang keahlian musik yang diselenggarakan selama ini adalah lebih kepada peningkatan dan pengembangan keterampilan bermain instrumen musik/bernyanyi, sehingga pola pengembangan prakerin yang dilakukan di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul lebih kepada pengembangan dan peningkatan kompetensi keterampilan bermain instrumen musik/bernyanyi saja (cenderung fokus pada hal teknis), dan lebih mengarah kepada mencetak lulusan sekolah menjadi pemain musik. Hal ini dikarenakan keterampilan bermain musik/bernyanyi merupakan keunggulan dari SMK Negeri 2 Kasihan Bantul (2) Program prakerin yang dilaksanakan selama ini di sekolah itu belum sepenuhnya dapat memfasilitasi lulusan dalam menghadapi persaingan kerja yang sangat kompetitif, khususnya di era abad 21, karena hanya sebagai pemain musik. (3)Wawasan dan persiapan lulusan terhadap dunia kerja masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Hal ini diketahui berdasarkan hasil wawancara melalui FGD terkait career management skills, knowledge, presentation, dan personal circumstance. (4) Karir yang disiapkan oleh pihak sekolah tersebut lebih cenderung sebagai pemain musik saja karena banyaknya permintaan dari berbagai instansi yang memberikan apresiasi terhadap keterampilan- ketreampilan peserta didik, sehingga lebih ditekankan pada skill performance.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: karir, musik, pola prakerin
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:10
Last Modified: 22 Nov 2023 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79564

Actions (login required)

View Item View Item