Model Evaluasi Pembelajaran di Pondok Pesantren.

Rahman, M. Saufi and Suyanto, Suyanto (2023) Model Evaluasi Pembelajaran di Pondok Pesantren. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-m saufi rahman-16701261024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk (1) mengembangkan model evaluasi pembelajaran di pondok pesantren yang memenuhi kriteria model yang baik; (2) menguji kualitas panduan dan konstrak model evaluasi pembelajaran di pondok pesantren yang dikembangkan; dan (3) menguji efektivitas model evaluasi pembelajaran di pondok pesantren. Studi ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan metode campuran dengan mengkombinasikan model Borg & Gall dan model Plomp yang terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) tahap studi pendahuluan; (2) tahap rancangan desain model; (3) tahap realisasi/konstruksi model; dan (4) tahap uji coba, evaluasi, dan revisi; dan (5) tahap implementasi. Model evaluasi pembelajaran di pondok pesantren (LIB-E) menghasilkan tiga komponen, yang meliputi input, proses, dan output. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan expert judgment. Analisis data kualitatif menggunakan konsep Miles & Huberman dan analisis data kuantitatif menggunakan exploratory factor analysis menggunakan software SPSS 2.5 dan confirmatory factor analysis menggunakan software LISREL 8.50. Dasar menentukan kecocokan model yang digunakan, yaitu: (1) Chi Square (x2), (2), p-value, (3) Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA), (4) validitas isi yang menggunakan V-Aiken, dan (5) reliabilitas instrumen yang digunakan yaitu Cronbach Alpha. Hasil pengembangan model evaluasi telah memenuhi kriteria model yang baik dengan menunjukkan konstruk instrumen telah valid dengan nilai loading factor > 0,3 serta hasil analisis butir instrumen menunjukkan bahwa nilai reliabilitas instrumen > 0,7. Hasil nilai uji coba model memiliki nilai yang fit, yaitu nilai Chi Square (x2) < 2xdf, nilai p-value> 0,05, nilai RMSEA < 0,08. Hasil kualitas panduan model LIB-E memiliki prosedur, bahasa, dan instrumen yang sangat baik, jelas serta mudah dipahami. Hasil penilaian efektivitas model menunjukkan bahwa secara empirik model LIB-E sangat baik dan layak untuk digunakan di pondok pesantren dalam memberikan informasi secara rinci dan lengkap tentang evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran di pondok pesantren. Oleh karena itu, model evaluasi pembelajaran di pondok pesantren (LIB-E) memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas yang baik, sehingga efektif, ekonomis, dan praktis berdasarkan hasil penilaian expert, pengguna, dan praktisi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model evaluasi, input, proses, output, pembelajaran, pondok pesantren
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:22
Last Modified: 17 Nov 2023 02:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79524

Actions (login required)

View Item View Item