Model Penilaian Hasil Belajar Sains di SMP.

Malaka, Muhlis and Munadi, Sudji (2023) Model Penilaian Hasil Belajar Sains di SMP. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-muhlis malaka-16701269003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model penilaian sains yang holistik dan efektif guna membantu guru dalam melakukan penilaian terhadap siswa. Spesifikasi produk yang dikembangkan adalah instrumen dan panduan penilaian sains. Diharapkan dengan produk yang dihasilkan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan yang diusulkan oleh Brog & Gall dan Istiyono. Hasil adaptasi diperoleh empat langkah pengembangan yaitu (1) kajian konseptual, (2) pengembangan model awal, (3) uji coba model, dan (4) pengukuran. Kajian konseptual meliputi kajian teori dan kajian penelitian terdahulu yang relevan sebagai dasar pengembangan model yang dilakukan. Pengembangan model awal terdiri dari perancangan instrumen tes dan uji validitas instrumen oleh ahli (expert judgement) dengan menggunakan formula Aiken’s V. Setelah perancangan instrumen tes dan diaggap valid secara content berdasarkan hasil analisis data respon ahli, selanjtnya instrument tersebut diujicobakan pada 250 siswa kelas VIII SMP Negeri 7 di Kota Ternate. Hasil uji coba kemudian dianalisis untuk memastikan kualitas instrumen secara empiris dengan melihat validitas konstruk menggunakan confirmatory factore analysis (CFA) second order dengan bantuan aplikaisi JAMOVI dan reliabilitasnya menggunakan Cronback Alpha, serta estimasi parameter butir serta kemampuan siswa menggunakan item response theory (IRT) dengan bantuan program R. Studio. Setelah semua instrument model dianggap valid baik secar konten maupun konstruk dan reliabel maka selanjutnya instrument tersebut digunakan dalam pengukuran. Hasil penelitian ini berupa sebuah model penilaian sains yang terdiri atas empat instrumen utama, yaitu instrument penilaian ranah pengetahuan, instrumen penilaian ranah sikap dengan teknik penilaian diri maupun penilaian antar teman, dan instrumen penilaian ranah ketrampilan yang semuanya telah memenuhi prinsip validitas dan reliabilitas serta efektif dan praktis dalam implementasinya. Hasil analisis data pada kegiatan pengukuran atau uji coba luas yang dilakukan kepada 550 siswa kelas VIII di seluruh SMP di Kota Ternate diperoleh kemampuan siswa pada ranah pengetahuan sains berada pada ketegori tinggi, dengan kemampuan jumlah rata-rata seluruh aspek sebesar 175,5 atau 32,01% dari keseluruhan siswa, kemampuan siswa pada ranah sekap sains melalui Teknik penilaiain diri (selff assessment) berada pada kategori tinggi, dengan jumlah rata-rata seluruh aspek sikap sains sebesar 157,75 atau 28,68%, kemampuan siswa pada ranah sikap sains melalui Teknik penilaian antar teman (peer assessment) berada pada kategori cukup tinggi, dengan jumlah rata-rata seluruh aspek sikap sains sebesar 174,75 atau 31,77%. Dan kemampuan siswa pada ranah ketrampilan sains berada pada kategori sangat tinggi, dengan rata-rata kemampuan seluruh aspek ketrampilan sains sebesar 194,50 atau 35,36% dari seluruh siswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: : model penilaian, pembelajaran sains, kemampuan siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:07
Last Modified: 13 Nov 2023 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79407

Actions (login required)

View Item View Item