Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif: Nilai Religius Siswa Madrasah Aliyah.

Imtihan, Nurul and Zuchdi, Darmiyati (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif: Nilai Religius Siswa Madrasah Aliyah. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-nurul imtihan-16701261025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menyusun dan menguji kualitas konstruk instrumen penilaian afektif berkenaan dengan aspek nilai-religius siswa Madrasah Aliyah (MA), (2) menghasilkan instrumen yang berkualitas baik untuk menilai karakteristik afektif siswa Madrasah Aliyah pada aspek nilai-religius menggunakan teknik self-assessment berbentuk rating scale disertai panduan penyekoran dan cara penilaiannya, dan (3) melaporkan profil hasil penilaian afektif menggunakan instrumen yang dikembangkan. Prosedur pengembangan instrumen dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan. (1) Tahap perancangan draf instrumen, meliputi: penetapan tujuan, penyusunan konstruk, pembuatan matriks dan kisi-kisi, menulis dan merakit butir instrumen, penyusunan rubrik penyekoran, validasi isi, revisi dan perakitan instrumen. (2) Tahap pelaksanaan uji coba dan interpretasi hasil, meliputi: penetapan subjek uji coba, pelaksanaan uji coba, penyekoran, dan analisis butir hasil uji coba. Uji coba tahap pertama diikuti oleh 213 siswa dan tahap kedua 491 siswa. Kualitas instrumen secara teoritik divalidasi oleh lima orang pakar dan dianalisis menggunakan formula Aiken. Pembuktian validitas secara empirik dari segi konstruk dilakukan menggunakan pendekatan two-step approach confirmatory factor analysis, estimasi reliabilitas menggunakan formula construct reliability, Alpha Cronbach dan Omega, dan analisis karakteristik butir instrumen dengan pendekatan Rasch Model. (3) Tahap pelaporan hasil penilaian. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Instrumen penilaian afektif yang dikembangkan terdiri dari empat dimensi, yaitu: religious belief, religious practice, religious feeling, dan religious effect dengan total jumlah butir sebanyak 25. (2) Kualitas instrumen (validitas isi dan validitas konstruk) terbukti baik dengan indeks SLF > 0,50 pada seluruh butir dan dinyatakan fit dengan data yang diperoleh di lapangan. Estimasi reliabilitas berada pada kategori baik dengan indeks Construct Reliability maupun Alpha Cronbach tiap dimensi > 0,70 dan reliabilitas keseluruhan instrumen dengan indeks Omega = 0,94. (3) Hasil penilaian menggunakan instrumen yang dikembangkan menunjukkan bahwa nilai religius siswa pada subjek uji coba berada pada kategori baik dan cukup baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen, penilaian afektif, nilai religius, madrasah aliyah.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:30
Last Modified: 13 Nov 2023 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79405

Actions (login required)

View Item View Item