Model Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SD/MI.

Ardiyaningrum, Martalia and Retnowati, Trie Hartiti (2023) Model Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SD/MI. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-martalia ardiyaningrum-16701269002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model penilaian higher order thinking skills matematika SD/MI kelas IV; (2) mengkaji kualitas model penilaian higher order thinking skills matematika SD/MI; dan (3) mendeskripsikan hasil penilaian higher order thinking skills matematika SD/MI kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R & D) Pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di SD/MI di Kabupaten Temanggung. Subjek uji coba keterbacaan sebanyak 16 siswa, uji coba operasional sebanyak 500 siswa, dan uji lapangan utama adalah 720 siswa SD/MI kelas IV di Kabupaten Temanggung. Instrumen penelitian ini berupa tes digunakan untuk penilaian HOTS mata pelajaran matematika SD/MI, lembar wawancara digunakan untuk menghimpun persepsi guru saat studi lapangan awal, dan kuesioner digunakan untuk penilaian butir-butir instrumen tes oleh validator dan penilaian produk akhir oleh guru. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan: 1) analisis data kualitatif, dan 2) analisis data kuantitatif (validitas, estimasi reliabilitas, teori respons butir dikotomus, cut-off score, statistik deskriptif). Validasi instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach, construct reliability (CR), omega, dan maksimum. Penskoran penilaian HOTS matematika dianalisis dengan pendekatan Item Respons Theory (IRT) unidimensi. Penentuan cut-off score dilakukan dengan standard setting metode grup kontras. Buku model dan panduan penggunaan penilaian HOTS dinilai oleh 12 guru. Hasil penilaian HOTS matematika siswa dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian yang pertama adalah model penilaian HOTS pada mata pelajaran matematika terdiri atas komponen: a) instrument penilaian, b) pedoman penskoran, c) kriteria cut-off score menggunakan metode grup kontras, d) laporan individu dan laporan kelas, dan e) buku model penilaian HOTS Matematika SD/MI dan buku panduan penggunaan model. Hasil penelitian kedua terkait kualitas model penilaian HOTS ditunjukkan dengan: a) kualitas instrument penilaian yang memiliki kualitas baik, b) karekteristik instrument penilaian yang baik; c) cut-off score HOTS ditentukan berdasarkan hasil 2 aspek yaitu cut-off score KBK = 56,60 dan cut-off score KPM = 60,89; d) buku model dan panduan penggunaan model penilaian HOTS matematika SD/MI terbukti praktis. Hasil penelitian ketiga adalah hasil penilaian HOTS menunjukkan nilai ability siswa pada aspek kemampuan berpikir kritis (KBK) memiliki rentang -1,9862 ≤ θ ≤ 2,4578, dan aspek kemampuan pemecahan masalah (KPM) memiliki rentang -1,3042 ≤ θ ≤ 1,6855. Berdasarkan distribusi data ability untuk aspek KBK maupun KPM, sebagian besar masuk kategori sedang. Persentase siswa yang menguasai aspek KBK sebanyak 31%, menguasai aspek KPM 21%, sedangkan yang telah menguasai HOTS (kedua aspek secara simultan) sebanyak 12% siswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: penilaian HOTS, matematika, sekolah dasar, kemampuan penyelesaian masalah, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:23
Last Modified: 13 Nov 2023 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79404

Actions (login required)

View Item View Item