Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP.

Diana, Diana and Surjono, Herman Dwi (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-diana-19703261037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Model pembelajaran flipped classroom yang dikembangkan terdiri atas sintaks: (1) understanding, (2) simplifying/structuring, (3) mathematizing, (4) working mathematically, (5) interpreting, dan (6) validating. Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan karakteristik model pembelajaran flipped classroom, (2) mengetahui kevalidan model pembelajaran flipped classroom, (3) mengetahui kepraktisan model pembelajaran flipped classroom, dan (4) mengetahui keefektifan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. Penelitian ini merupakan Research and development (R & D) yang mengacu pada model Gall, Borg, dan Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Pakem, SMPN 3 Pakem, dan SMPN 4 Pakem di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Data penelitian meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Data analisis kebutuhan dikumpulkan melalui survei, wawancara dan tes. Data kevalidan model pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan skala penilaian oleh validasi ahli dan praktisi. Data kepraktisan model pembelajaran menggunakan lembar observasi dan angket. Data keefektifan model pembelajaran menggunakan tes pemahaman konsep matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Analisis data menggunakan uji MANOVA, uji paired sample t-test, dan uji prasyarat yakni uji normalitas dan homogenitas. Temuan penelitian adalah (1) Model pembelajaran flipped classroom memiliki karakteristik yaitu mengintegrasikan pemodelan matematika sebagai sintaks model dan kegiatan pemecahan masalah menggunakan pemodelan matematika. (2) Model pembelajaran flipped classroom valid berdasarkan hasil penilaian ahli dan praktisi. (3) Model pembelajaran flipped classroom praktis berdasarkan penilaian observasi keterlaksanaan pembelajaran, kemampuan mengelola pembelajaran, aktivitas guru dan siswa, dan hasil respon guru dan siswa. (4) Model pembelajaran flipped classroom efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran flipped classroom dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pemahaman konsep matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi menggunakan model pembelajaran flipped classroom lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: lipped classroom, pemodelan matematika, pemahaman konsep matematika, keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:40
Last Modified: 06 Nov 2023 06:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79379

Actions (login required)

View Item View Item