Pengembangan Model Pembelajaran Outdoor Learning Berbasis Inkuiri Terbimbing (OL-bIT) pada Siswa SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif.

Setyawan, Agung and Aznam, Nurfina (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Outdoor Learning Berbasis Inkuiri Terbimbing (OL-bIT) pada Siswa SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-agung setyawan-16703261051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik model outdoor learning berbasis inkuiri terbimbing (OL-bIT) yang dikembangkan, (2) menguji kelayakan model OL-bIT pada siswa SMP kelas VII, (3) menguji evektivitas model OL-bIT yang dikembangkan, dan (4) mengungkapkan kepraktisan model OL-bIT yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada metode reseach and development yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 7 Purwodadi, SMPN 1 Gabus, dan SMPN 2 Gabus Kabupaten Grobogan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, angket, dan check list, serta melalui analisis dokumen. Uji coba terbatas dilakukan dengan one group pretest-postest design dan analisis data menggunakan uji t. Ujicoba diperluas dilaksanakan dengan pretest-posttest control group design dan hasil analisis menggunakan uji z. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model OL-bIT yang dikembangkan memiliki sembilan karakteristik yaitu berorientasi kepada siswa, kontekstual, inkuiri terbimbing, interaktif dan kolaboratif, aplikatif, pendekatan kontekstual dan keterpaduan, penilaian autentik, dukungan guru, dan fleksibel. (2) Menurut ahli desain model pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli isi/materi pembelajaran, model OL-bIT yang dikembangkan layak, dengan kategori sangat valid. (3) Model OL-bIT yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah siswa dan cukup efektif meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP. (3) Model OL-bIT yang dikembangkan praktis, digunakan dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, kemampuan komunikasi ilmiah, hasil belajar kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:23
Last Modified: 02 Nov 2023 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79340

Actions (login required)

View Item View Item