Evaluasi Model Penilaian pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sesuai Kurikulum 2013 di SMP se- Kecamatan Mlati

Retnowati, Dewi (2023) Evaluasi Model Penilaian pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sesuai Kurikulum 2013 di SMP se- Kecamatan Mlati. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dewi retnowati_19601241078.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model penilaian pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sesuai kurikulum 2013 di SMP se- Kecamatan Mlati. Model penilaian PJOK sesuai Kurikulum 2013 diterapkan sebagai acuan dalam proses penilaian hasil belajar peserta didik. Guru PJOK bertanggung jawab untuk memberikan penilaian sesuai dengan proses pembelajaran, sehingga guru dituntut untuk mengetahui model penilaian sesuai Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 guru PJOK SMP se- Kecamatan Mlati, ditentukan dengan mengambil seluruh populasi dijadikan sampel atau total Sampling. Tempat penelitian di SMP se- Kecamatan Mlati. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket melalui google form dengan nilai validitas instrumen dengan r tabel 0,444 dan uji reliabilitas instrumen sebesar 0,915. Ujicoba instrumen dilakukan dengan responden diluar dari sampel penelitian yaitu dengan guru PJOK SMP di Kecamatan Sleman. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai survei model penilaian pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sesuai kurikulum 2013 di SMP se- Kecamatan Mlati menyatakan bahwa ditemukan 4 model penilaian yang digunakan oleh Guru PJOK di SMP se- Kecamatan Mlati. 4 model tersebut yaitu: model penilaian autentik sebesar 33%, model penilaian diri sebesar 15%, model penilaian portofolio sebesar 35%. model penilaian formatif dan sumatif sebesar 17%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Danang Pujo Broto, M.Or.
Uncontrolled Keywords: model penilaian, kurikulum 2013, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:31
Last Modified: 07 Sep 2023 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78800

Actions (login required)

View Item View Item