Deteksi Keberfungsian Butir Diferensial Soal UAS Kimia Berdasarkan Teori Respon Butir di SMA Negeri Kabupaten Bantul.

Suminto, Muhammad Fajar and Salirawati, Das (2023) Deteksi Keberfungsian Butir Diferensial Soal UAS Kimia Berdasarkan Teori Respon Butir di SMA Negeri Kabupaten Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-muhammad fajar suminto-20701251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) karakteristik butir-butir soal, (2) butir- butir soal yang memuat DIF, dan (3) deteksi DTF pada soal ujian akhir semester gasal mata pelajaran Kimia kelas X SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti ujian akhir semester gasal mata pelajaran Kimia kelas X SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2021/2022. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purpossive sampling. Pengumpulan data melalui dokumentasi lembar jawab peserta didik yang mengikuti ujian akhir semester gasal mata pelajaran kimia kelas X SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2021/2022 dan data demografi yaitu jenis kelamin peserta didik. Analisis data menggunakan bantuan perangkat lunak program RStudio versi 4.0. Pengujian butir soal dan soal yang terdeteksi bias menggunakan pendekatan teori respon butir dengan metode khi-kuadrat Lord dengan model 3PL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) 66,7 % butir-butir soal memiliki tingkat kesulitan yang baik, 93,3 % butir-butir soal memiliki indeks daya beda yang baik, dan 30 % butir- butir soal mempunyai tebakan semu yang kurang baik. Secara keseluruhan butir-butir soal berkriteria cukup baik karena 50 % lebih butir-butir soal berkriteria cukup baik, (2) terdapat 4 butir soal yang terdeteksi DIF gender, yaitu butir soal nomor 16, 17, 24 dan 25. Butir soal nomor 16 berkriteria baik, sedangkan yang lainnya berkriteria cukup baik. Butir soal nomor 17 parameter tingkat kesulitannya sangat mudah, sedangkan butir soal nomor 24 dan 25 parameter tebakan semunya kurang baik. Butir-butir soal yang terdeteksi DIF gender semuanya berjenis DIF uniform: butir soal 16 dan 17 menguntungkan kelompok focal, sedangkan butir soal 24 dan 25 menguntungkan kelompok reference, (3) terdapat bias soal yang sedikit menguntungkan kelompok focal atau perempuan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bias butir soal, khi-kuadrat Lord, teori respon butir
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:26
Last Modified: 24 Jul 2023 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78314

Actions (login required)

View Item View Item