Pengembangan Penilaian Kinerja Keterampilan Berpikir Ilmiah dan Sikap Ilmiah Berbasis STEM pada Mata Pelajaran Fisika SMA.

Oktaviani, Niken and Istiyono, Edi (2023) Pengembangan Penilaian Kinerja Keterampilan Berpikir Ilmiah dan Sikap Ilmiah Berbasis STEM pada Mata Pelajaran Fisika SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-niken oktaviani-19701251032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mendesain konstruk instrumen, (2) mengungkapkan kualitas instrumen, (3) mengungkapkan profil keterampilan berpikir ilmiah dan sikap ilmiah, dan (4) mengungkapkan efektivitas penilaian kinerja keterampilan berpikir ilmiah dan sikap ilmiah berbasis STEM. Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Mardapi (2012) yang terdiri dari sepuluh langkah pengembangan. Uji skala kecil dilakukan diSMAN 1 Kandat dan uji lapangan dilakukan di SMAN 1, SMAN 2, dan SMAN 7 Kota Kediri. Subjek uji coba skala kecil adalah 106 siswa, dan subjek uji coba lapangan adalah 443siswa yang telah mendapatkan materi optik fisis dan sekolah pernah menerapkan STEM. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Analisis data terdiri atas validitas isi menggunakan V Aiken, validitas konstrak dengan EFA, estimasi reliabilitas dengan menggunakan SPSS 25, taraf kesukaran dengan menggunakan Program R 4.2.1, respon guru dan analisis keterampilan berpikir ilmiah dan sikap ilmiah dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Konstruk instrumen penilaian diri untuk mengukur keterampilan berpikir ilmiah terdiri atas 12 butir soal kuisioner, sedangkan instrumen penilaian diri untuk mengukur sikap ilmiah peserta didik terdiri atas 15 butir soal kuisioner. Konstruk instrumen penilaian guru terdiri dari 19 butir pernyataan untuk mengukurketerampilan berpikir ilmiah peserta didik dan 23 butir pernyataan untuk mengukur sikap ilmiah peserta didik. (2) Hasil validitas konstruk menunjukkan valid pada instrumen penilaiandiri untuk mengukur keterampilan berpikir ilmiah dan sikap ilmiah. Uji reliabilitas menunjukkan instrumen penilaian diri untuk mengukur keterampilan berpikir ilmiah reliabel dengan kategori dipertanyakan, sedangkan uji reliabel instrumen penilaian diri untuk mengukur sikap ilmiah telah reliabel dengan kategori dapat diterima. Taraf kesukaran instrumen penilaian diri untuk mengukur keterampilan berpikir ilmiah dan sikap ilmiahpeserta didik berada pada tingkat sedang. (3) Instrumen penilaian diri yang telah dikembangkan layak untuk digunakan mengukur keterampilan berpikir ilmiah dan sikapilmiah peserta didik dengan kemampuan peserta didik pada keterampilan berpikir ilmiah padakategori sangat tinggi dan kemampuan peserta didik pada sikap ilmiah berada pada kategori tinggi. (4) Berdasarkan hasil respon guru, instrumen penilaian yang dikembangkan efektif untuk digunakan berdasarkan hasil angket yang diberikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir ilmiah, penilaian kinerja, sikap ilmiah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:23
Last Modified: 20 Jul 2023 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78296

Actions (login required)

View Item View Item