Muatan Pendidikan Karakter pada Tradisi Lisan Banjar “Upacara Batamat” Siswa Sekolah Dasar di Banjarmasin.

Azizah, Nailiya Noor and Sayuti, Suminto A (2023) Muatan Pendidikan Karakter pada Tradisi Lisan Banjar “Upacara Batamat” Siswa Sekolah Dasar di Banjarmasin. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-nailiya noor azizah-15703261011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) bentuk tradisi lisan Banjar “Upacara Batamat” siswa sekolah dasar di Banjarmasin, (2) muatan pendidikan karakter yang terkandung dalam tradisi lisan Banjar “Upacara Batamat” siswa sekolah dasar di Banjarmasin, (3) pola revitalisasi tradisi lisan Banjar “Upacara Batamat” siswa sekolah dasar di Banjarmasin, dan (4) desain pendidikan karakter berbasis pola revitalisasi tradisi lisan Banjar “Upacara Batamat” siswa sekolah dasar di Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi dengan metode analisis isi kritis. Sumber data penelitian ini berupa kegiatan, informan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan perekaman, wawancara, dan studi dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Bentuk tradisi lisan Banjar “Upacara Batamat” siswa sekolah dasar di Banjarmasin adalah tradisi lisan sebagian verbal karena terdiri atas unsur verbal dan non-verbal. Sebagian dari unsur tradisi lisan Banjar “upacara Batamat” siswa sekolah dasar mempertahankan bentuk aslinya, sebagiannya lagi menyesuaikan dengan lingkungan sekolah. (2) Muatan pendidikan karakter pada tradisi lisan Banjar “Upacara Batamat” siswa sekolah dasar di Banjarmasin menyangkut hubungan anak dengan Tuhannya, dirinya, sesamanya, dan lingkungannya dengan nilai-nilai karakter utama meliputi beriman dan bertakwa, jujur, bertanggung jawab, peduli, suka menolong, tangguh, disiplin, dan cerdas. Tradisi lisan Banjar “Upacara Batamat” siswa sekolah dasar tidak hanya kaya akan muatan pendidikan karakter, melainkan juga sangat sesuai dengan falsafah hidup yang dijunjung tinggi oleh urang Banjar, yakni baiman, bauntung, dan batuah. (3) Pola revitalisasi tradisi lisan Banjar “Upacara Batamat” siswa sekolah dasar di Banjarmasin mencakup 6 langkah utama, yakni standardisasi, apresiasi, kolaborasi, adaptasi, dan literasi atau disingkat dengan akronim “SAKRAL”. Hal ini dibutuhkan agar tradisi ini dapat dipandang dan difungsikan sebagai alat pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar. (4) Desain pendidikan karakter berbasis pola revitalisasi tradisi lisan banjar “Upacara Batamat” siswa sekolah dasar adalah pegembangan pendidikan karakter melalui tradisi lisan yang melibatkan peran kultur sekolah, pembelajaran yang mendidik di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, dan tri pusat pendidikan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: muatan pendidikan karakter, tradisi lisan, Upacara Batamat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:45
Last Modified: 05 Jul 2023 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78172

Actions (login required)

View Item View Item