Pengembangan Model Pembelajaran IPA SD Berbasis Kerangka Kerja C-TPACK untuk Meningkatkan Nilai-nilai Karakter dan Keterampilan Abad 21.

Winanto, Adi and Prasetyo, Zuhdan Kun (2023) Pengembangan Model Pembelajaran IPA SD Berbasis Kerangka Kerja C-TPACK untuk Meningkatkan Nilai-nilai Karakter dan Keterampilan Abad 21. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-adi winanto-16703261069.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan di abad 21 ini menuntut upaya untuk membentuk peserta didik dengan nilai-nilai karakter yang baik dan keterampilan berpikir kritis, kreatif, berkolaborasi dan komunikasi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan karakteristik model pembelajaran IPA SD berbasis kerangka kerja Character Education, Technological, Pedagogical and Content Knowledge (C-TPACK), (2) mengetahui kelayakan model pembelajaran IPA SD berbasis kerangka kerja C-TPACK, (3) mengetahui kepraktisan model pembelajaran IPA SD berbasis kerangka kerja C-TPACK dan (4) mengetahui keefektifan model pembelajaran IPA SD berbasis kerangka kerja C-TPACK untuk meningkatkan nilai-nilai karakter dan keterampilan abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengikuti tahapan dari Borg & Gall. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen dari Program Studi PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. Model pembelajaran IPA berbasis kerangka kerja C-TPACK divalidasi oleh para ahli kemudian diimplementasikan ke dalam kelas matakuliah Konsep Dasar IPA. Analisis kebutuhan dilakukan melalui angket, wawancara dan observasi. Kelayakan model pembelajaran untuk mengetahui validitas model diukur dengan menggunakan instrumen validasi model pembelajaran. Kepraktisan model pembelajaran diukur dengan pencapaian nilai karakter dan keterampilan abad 21. Sedangkan efektivitas model pembelajaran terhadap nilai karakter dan keterampilan abad 21 diukur dari hasil lembar observasi, angket dan rubrik penilaian. Data dianalisis secara deskriptif untuk mendeskripsikan model pembelajaran yang dikembangkan dan analisis inferensial untuk mengetahui efektivitas model C-TPACK dibandingkan model yang lain. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) model pembelajaran IPA berbasis kerangka kerja C-TPACK untuk meningkatkan nilai-nilai karakter dan keterampilan abad 21 memiliki sintaks seperti problem based learning tetapi dengan memasukkan nilai-nilai karakter di dalamnya (a) orientasi mahasiswa pada masalah, (b) mengorganisasi mahasiswa untuk belajar, (c) membimbing investigasi mandiri dan kelompok, (d) mengembangkan dan menyajikan karya/produk dan (e) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Model pembelajaran ini dilengkapi dengan sistem pendukung SAP, materi ajar, LKM, instrumen penilaian nilai karakter dan keterampilan abad 21. (2) Model pembelajaran IPA berbasis kerangka kerja C-TPACK ini menurut ahli materi IPA dan pendidikan karakter layak untuk meningkatkan nilai-nilai karakter dan keterampilan abad 21. (3) Model pembelajaran IPA berbasis kerangka kerja C-TPACK ini praktis untuk meningkatkan nilai- nilai karakter dan keterampilan abad 21. (4) Model pembelajaran IPA berbasis kerangka kerja C-TPACK ini efektif meningkatkan nilai-nilai karakter dan keterampilan abad 21.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, C-TPACK, pendidikan karakter, keterampilan abad 21
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:18
Last Modified: 19 Jun 2023 04:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77739

Actions (login required)

View Item View Item