Studi Kelayakan Pembelajaran Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Ditinjau dari TVET Era Revolusi Industri 4.0 di SMK Kabupaten Mojokerto.

Fahmi, Mohammad Naufal and Sudira, Putu (2023) Studi Kelayakan Pembelajaran Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Ditinjau dari TVET Era Revolusi Industri 4.0 di SMK Kabupaten Mojokerto. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-mohammad naufal fahmi-20702251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan (1) kompetensi lulusan, (2) isi pembelajaran, (3) proses pembelajaran, dan (4) penilaian program pembelajaran program keahlian teknik komputer dan informatika ditinjau dari TVET era revolusi industri 4.0 di SMK kabupaten Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model discrepancy. Subjek penelitian terdiri dari siswa tingkat akhir, guru produktif dan lulusan program keahlian teknik komputer dan informatika SMK di kabupaten Mojokerto. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh dari dokumentasi dan kuisioner. Angket divalidasi melalui expert jugdement dan pengujian validitas konstruk dilakukan dengan uji terbatas. Reliabilitas angket diuji menggunakan Alpha Cronbach, sedangkan hasil analisisnya menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) kompetensi lulusan secara keseluruhan mendapatkan hasil tingkat kesenjangan (discrepancy) berkategori rendah yaitu sebesar 27,37% yang artinya pelaksanaan sudah bagus dan layak, (2) isi pembelajaran mendapatkan nilai kesenjangan (discrepancy) berkategori rendah yaitu sebesar 26,96% yang artinya isi pembelajaran sudah baik dan layak, (3) proses pembelajaran mendapatkan hasil kesenjangan (discrepancy) sebesar 25,22% yang berkategori rendah yang artinya proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan sudah baik dan layak, dan (4) penilaian program pembelajaran mendapatkan hasil kesenjangan (discrepancy) yang rendah dengan nilai 28,07% artinya penilaian program pembelajaran sudah baik dan layak. Jadi, kelayakan program pembelajaran keahlian teknik komputer dan informatika (kompetensi lulusan, isi, proses, dan penilaian program pembelajaran) yang ditinjau dari Permendikbud No. 34 Tahun 2018 dan TVET RI 4.0 sudah baik dan layak, sehingga hasil kesuluruhan program pembelajaran tetap dilanjutkan tetapi diperlukan sedikit pembenahan terhadap kinerjanya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 May 2023 07:09
Last Modified: 09 May 2023 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77715

Actions (login required)

View Item View Item