Evaluasi Dampak Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru terhadap Pemerataan Mutu Pendidikan SMP di Kabupaten Bantul.

Safitri, Dhamar Widya and Istiyono, Edi (2023) Evaluasi Dampak Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru terhadap Pemerataan Mutu Pendidikan SMP di Kabupaten Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-dhamar widya safitri-19701251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi diadakan untuk mendukung Negara Indonesia dalam bidang pemerataan mutu pendidikan, dan untuk itu diperlukan penelitian untuk mengevaluasi dampak PPDB terhadap mutu pendidikan. Berkaitan dengan itu, penelitian ini bertujuan mengevaluasi (1) kesiapan sumber daya dari kebijakan PPDB sistem zonasi, (2) pelaksanaan PPDB sistem zonasi, dan (3) dampak kebijakan PPDB sistem zonasi terhadap pemerataan mutu pendidikan SMP di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Standar yang digunakan adalah tujuan yang tertulis pada Peraturan Menteri Pendidikan. Penelitian ini menggunakan model evaluasi kesenjangan yang dikembangkan oleh Malcolm M. Provus. Responden yang terlibat adalah kepala sekolah, panitia PPDB, peserta didik, dan wali peserta didik yang mewakili lima zona yang sudah ditetapkan di Kabupaten Bantul. Pengumpulan data menggunakan angket dan melalui wawancara dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas yang digunakan adalah Cronbach’s coefficient alpha. Reliabilitas memiliki nilai 0,833 dan 0,946 (lebih besar dari 0,70) sehingga bersifat reliabel. pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Prosedur pendaftaran PPDB sistem zonasi di SMP di Kabupaten Bantul sudah terpenuhi dan dapat diakses oleh semua pihak. (2) Pelaksanaan PPDB sistem zonasi secara online dapat mempermudah wali peserta didik dalam mengawasi proses seleksi. (3) Kebijakan PPDB sistem zonasi tidak memiliki dampak yang berarti terhadap pemerataan mutu pendidikan pada tingkat SMP di Kabupaten Bantul. Peralatan pendukung proses belajar di SMP negeri Kabupaten Bantul secara umum sudah tersedia dan berjalan dengan baik. Tidak ada perubahan pengelolaan pendidikan baik sebelum maupun saat kebijakan PPDB sistem zonasi berlangsung sehingga tidak ada perubahan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: discrepancy, mutu pendidikan, PPDB, sistem zonasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 May 2023 03:40
Last Modified: 04 May 2023 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77667

Actions (login required)

View Item View Item