Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Siswa Slow Learner Sekolah Dasar Inklusi.

Wafiroh, Hidayatul and Harun, Harun (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Siswa Slow Learner Sekolah Dasar Inklusi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-hidayatul wafiroh-19701251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar matematika siswa slow learner SD inklusi; (2) mengungkapkan validitas konstruk, karakteristik, dan keefektifan instrumen yang dikembangkan; dan (3) mengungkapkan kemampuan matematika slow learner sekolah dasar inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur penyusunantes berdasarkan Retnawati (2016) dengan langkah: menentukan tujuan penyusunan instrumen, mencari teori yang relevan atau cakupan materi, menyusun indikator butir instrumen/soal, menyusun butir instrumen, validasi isi, revisi berdasarkan masukanvalidator, melakukan uji coba, melakukan analisis, dan merakit instrumen. Instrumen tesdiujicobakan di empat SD inklusi di Kabupaten Sleman dan lima SD inklusi di Kabupaten Bantul, dengan siswa slow learner berjumlah 40 orang. Hasil penelitian berupa instrumen penilaian hasil belajar matematika siswa slow learner berupa tes pilihan ganda materi ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur. Hasil analisis terhadap instrumen tes yangdikembangkan menunjukkan nilai indeks Aiken sebesar 0,873. Hasil uji coba di lapangan untuk validitas konstruk menunjukan 16 butir memenuhi syarat untuk dianalisis dengan nilai KMO sebesar 0,756; nilai signifikansi uji Bartlett’s sebesar0,000; nilai MSA lebih dari 0,50; dan terdapat lima faktor dengan satu faktor dominan. Reliabilitas tes sebesar 0,73 sehingga reliabel untuk digunakan. Hasil analisiskarakteristik butir dengan Teori Tes Klasik menunjukkan a) 16 butir soal memenuhi syarat, dengan indeks kesukaran butir menunjukkan tujuh butir masuk dalam kategori mudah dan sembilan butir masuk dalam kategori sedang; b) indeks daya beda semua butir dalam kategori baik; c) semua distraktor berfungsi baik. Hasil analisis kemampuanmenunjukkan 23% siswa sangat kurang, 10% siswa kurang, 8% siswa cukup, 33% baik, dan 23% siswa sangat baik. Menurut guru, instrumen yang dikembangkan efektif untuk menilai hasil belajar matematika siswa slow learner.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: inklusi, matematika, penilaian, slow learner
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 May 2023 03:17
Last Modified: 04 May 2023 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77664

Actions (login required)

View Item View Item