Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Fisika SMA menggunakan Computerized Adaptive Test.

Novika, Resti and Istiyono, Edi (2023) Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Fisika SMA menggunakan Computerized Adaptive Test. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-resti novika-20701251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen asesmen kompetensi minimum fisika SMA dengan media computerized adaptive test. Tujuan dari penelitian diantaranya; (1) Mengetahui kualitas instrumen asesmen kompetensi minimum fisika SMA (AKMPhys). (2) Mengetahui kualitas computerized adaptive test berbantuan Learning Management System untuk AKMPhys. (3) Mengetahui profil hasil pengukuran AKMPhys_CAT di SMA. (4) dan mengetahui efektifitas AKMPhys_CAT SMA. Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Pada penelitian ini dikembangkan instrumen AKMPhys SMA menggunakan computer adaptive test. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Oriondo dan Antonio untuk mengembangan instrumen AKMPhys, sedangkan model pengembangan 4-D untuk mengembangakn media CAT. Pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Penelitian dilaksanakan di Lampung dengan subjek uji coba terbatas sebanyak 621 peserta didik SMA kelas XII. Teknik analisis data diantaranya, yaitu (1) Kualitas instumen pada validitas isi menggunakan analisis aiken V, validitas empiris didasarkan kecocokan butir dengan pendekatan IRT model Rasch untuk data dikotomus dan model PCM untuk data politomus dengan berbantuan program Quest, reliabilitas dianalisis dengan alpha cronbach dengan program SPSS, dan tingkat kesukaran butir dianalisis dengan program Quest. (2) Kualitas media CAT berdasarkan penilaian ahli dianalisis dengan persentase uji kelayakan. (3) Profil hasil pengukuran dengan media CAT dikelompokan ke dalam lima kategori kemampuan. (4) dan efektifitas AKMPhys_CAT SMA dianalisis berdasarkan respon peserta didik dengan menghitung skor keseluruhan. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan instrumen AKMPhys_CAT dengan hasil diantaranya; (1) Kualitas instrumen AKMPhys yang ditinjau dari validitas isi diperoleh nilai Aiken’s V berada kategori valid. Validitas empiris berdasarkan kecocokan butir dengan dengan pendekatan IRT model Rasch dan PCM terbukti 80 butir soal fit dengan model. Estimasi reliabilitas yang didasarkan pada relibilitas Alpha Cronbach diperoleh dalam kriteria sangat andal. Tingkat kesukaran butir berada pada rentang -3,5 sampai dengan 2,9. (2) Kualitas media CAT berdasarkan penilaian ahli media pada aspek tampilan, keberfungsian program dan tampilan menunjukan media layak untuk digunakan. (3) Profil kemampuan peserta didik berdasarkan tes AKMPhys_CAT diperoleh tingkat kemampuan peserta didik secara keseluruhan lebih banyak dalam kategori tingkat kemampuan sedang. (4) Respon peserta didik diketahui secara keseluruhan setuju bahwa tes dengan media CAT efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Fisika, Computerized Adaptive Test (CAT), Model Rasch, PCM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 May 2023 06:35
Last Modified: 02 May 2023 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77635

Actions (login required)

View Item View Item