Pengembangan Sistem Deteksi Kesesuaian antara Bakat dan Minat Vokasional Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama.

Dewanto, Adi and Munadi, Sudji (2023) Pengembangan Sistem Deteksi Kesesuaian antara Bakat dan Minat Vokasional Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-adi dewanto-17701261017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB)

Abstract

Identifikasi kecenderungan bakat, minat vokasional, dan kesesuaian antara keduanya sangat penting untuk diketahui agar siswa dapat melanjutkan pendidikannya sesuai dengan potensi yang dimilikinya sehingga dapat menempuh pendidikannya dengan baik dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi kecenderungan bakat dan minat vokasional siswa kelas IX SMP, (2) mengungkapkan kesesuaian antara bakat dan minat vokasional, (3) mengimplementasikan identifikasi kecenderungan bakat dan minat vokasional serta kesesuaiannya ke dalam sistem, dan (4) mengungkapkan kualitas sistem yang dikembangkan berdasarkan ISO 25010. Penelitian dengan model pengembangan Design and Development Research ini yang meliputi: (1) pengembangan istrumen adaptasi untuk mengidentifikasi kecenderungan bakat dan minat vokasional, (2) analisis kesesuaian antara bakat dan minat vokasional, (3) pengembangan sistem berbasis web, (4) pengembangan instrumen untuk mengetahui kualitas perangkat lunak, dan (5) uji coba sistem. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX sekolah menengah pertama (SMP) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Partisipan penelitian adalah 431 siswa yang berasal dari 10 SMP, yang ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui sistem yang telah dikembangkan. Analisis data yang dilakukan adalah membandingkan instrumen adaptasi dengan instrumen asli dengan menggunakan aplikasi Cortical.io, model Fuzzy Mamdani untuk menganalisis kesesuaian bakat dan minat vokasional menggunakan software MATLAB R2019b, dan membuktikan validitas dan reliabilitas konstruk instrumen yang digunakan untuk menguji kualitas sistem yang dikembangkan menggunakan software Lisrel 8.80. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Instrumen adaptasi memiliki persentase kesesuaian dengan instrumen asli sebesar 77,65% untuk instrumen bakat dan 82,14% untuk instrumen minat vokasional. (2) Identifikasi kecenderungan bakat dan identifikasi minat vokasional siswa masuk kategori “sangat sesuai” (17,75%), “sesuai” (78,79%), dan “tidak sesuai” (3,46%). (3) Kesesuaian antara bakat dan minat vokasional siswa masuk kategori “sangat tinggi” (2,85%), “tinggi” (17,08%), “rendah” (33,1%), dan “sangat rendah” (46,98%) (4) Semua butir yang dikembangkan valid dan pembuktian validitas dan reliabilitas konstruknya baik. (5) Kualitas sistem masuk kategori “sangat layak”, yaitu 85,96% untuk product quality dan 82,07% untuk quality in use. (6) Hasil analisis kesesuaian bakat dan minat vokasional dengan menggunakan model fuzzy Mamdani menunjukkan telah sesuai dengan teori yang dirujuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: bakat, fuzzy logic, minat vokasional, SMP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 May 2023 02:19
Last Modified: 04 May 2023 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77514

Actions (login required)

View Item View Item