Pengembangan Model Pembelajaran Inquiri Project Base Learning (IPjBL) Tematik Materi IPA Berdiferensiasi Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Siswa SD untuk Meningkatkan Sikap Teliti dan Tanggung Jawab.

Ulum, Wisda Miftakhul and Dardiri, Achmad (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Inquiri Project Base Learning (IPjBL) Tematik Materi IPA Berdiferensiasi Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Siswa SD untuk Meningkatkan Sikap Teliti dan Tanggung Jawab. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-wisda miftakhul ulum-15703261044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan Model Pembelajaran Inquiri Project Base Learning (IPjBL) berdiferensiasi pengetahuan awal dan gaya belajar siswa SD untuk mengembangkan sikap teliti dan tanggung jawab, (2) mengetahui tingkat kelayakan produk Model Pembelajaran Inquiri Project Base Learning (IPjBL), (3) mengetahui tingkat efektifitas produk Model Pembelajaran Inquiri Project Base Learning (IPjBL). (4) mengetahui tingkat kepraktisan produk Model Pembelajaran Inquiri Project Base Learning (IPjBL). Penelitian ini merupakan research and development yang mengikuti prosedur pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SDN Pakis, SDN Semarum, SDN 2 Kamulan, SDN 1 Malasan, SDN 2 Malasan, dan SDN 4 Malasan yang terletak di Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah kuosioner, observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah instrument validasi ahli, angket sikap teliti dan tanggung jawab, lembar observasi pembelajaran, angket paktisi siswa dan guru, lembar wawancara, dan lembar evaluasi kognitif. Data dianalisis secara deskriptif dan MANOV A. Temuan penelitian adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan produk berupa model pembelajaran Inquiri Project Base Learning (IPjBL) dengan karakteristik memiliki unsur utama yang terdiri atas: sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi,system pendukung, dampak instruksional, dan dampak pengiring. Model pembelajaran IPjBL terdiri atas sembilan tahap kegiatan yaitu siswa mengisi angket analisis pengetahuan awal materi IPA dan angket gaya belajar, siswa merumuskan permasalahan yang akan pelajari, siswa menyusun hipotesis jawaban permasalahan, siswa membentuk kelompok sesuai dengan variasi pembelajran yang sama, siswa merencanakan dan menyusun jadwal penelitian, siswa melaksanakan penelitian terbimbing, siswa menjawab rumusan masalah, siswa mengkomunikasikan hasil penelitian, siswa melakukan evaluasi. Sintak model pembelajaran IPjBL memiliki 9 variasi pembelajaran sebagai hasil integrasi kemampuan awal dan gaya belajar siswa. (2) Produk Model IPjBL layak dan siap digunakan di lapangan sebenarnya untuk pembelajaran. (3) Model pembelajaran IPjBL meningkatkan hasil belajar, sikap tanggung jawab, dan sikap teliti siswa. (4) Model Pembelajaran IPjBL mudah dipergunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran materi IPA. Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan Model Pembelajaran Inquiri Project Base Learning (IPjBL) berdiferensiasi pengetahuan awal dan gaya belajar siswa SD untuk mengembangkan sikap teliti dan tanggung jawab, (2) mengetahui tingkat kelayakan produk Model Pembelajaran Inquiri Project Base Learning (IPjBL), (3) mengetahui tingkat efektifitas produk Model Pembelajaran Inquiri Project Base Learning (IPjBL). (4) mengetahui tingkat kepraktisan produk Model Pembelajaran Inquiri Project Base Learning (IPjBL). Penelitian ini merupakan research and development yang mengikuti prosedur pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SDN Pakis, SDN Semarum, SDN 2 Kamulan, SDN 1 Malasan, SDN 2 Malasan, dan SDN 4 Malasan yang terletak di Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah kuosioner, observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah instrument validasi ahli, angket sikap teliti dan tanggung jawab, lembar observasi pembelajaran, angket paktisi siswa dan guru, lembar wawancara, dan lembar evaluasi kognitif. Data dianalisis secara deskriptif dan MANOV A. Temuan penelitian adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan produk berupa model pembelajaran Inquiri Project Base Learning (IPjBL) dengan karakteristik memiliki unsur utama yang terdiri atas: sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi,system pendukung, dampak instruksional, dan dampak pengiring. Model pembelajaran IPjBL terdiri atas sembilan tahap kegiatan yaitu siswa mengisi angket analisis pengetahuan awal materi IPA dan angket gaya belajar, siswa merumuskan permasalahan yang akan pelajari, siswa menyusun hipotesis jawaban permasalahan, siswa membentuk kelompok sesuai dengan variasi pembelajran yang sama, siswa merencanakan dan menyusun jadwal penelitian, siswa melaksanakan penelitian terbimbing, siswa menjawab rumusan masalah, siswa mengkomunikasikan hasil penelitian, siswa melakukan evaluasi. Sintak model pembelajaran IPjBL memiliki 9 variasi pembelajaran sebagai hasil integrasi kemampuan awal dan gaya belajar siswa. (2) Produk Model IPjBL layak dan siap digunakan di lapangan sebenarnya untuk pembelajaran. (3) Model pembelajaran IPjBL meningkatkan hasil belajar, sikap tanggung jawab, dan sikap teliti siswa. (4) Model Pembelajaran IPjBL mudah dipergunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran materi IPA.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, IPjBL, IPA, kemampuan awal, gaya belajar, teliti, tanggung jawab.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Mar 2023 07:23
Last Modified: 28 Mar 2023 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77232

Actions (login required)

View Item View Item