Model Pembelajaran Online Fisika Investigatif (POFI) Berbantuan Home-Lab-Kit Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Komputasional dan Keterlibatan Mahasiswa.

Noviani, Elisabeth Prathidina Founda and Kuswanto, Heru (2023) Model Pembelajaran Online Fisika Investigatif (POFI) Berbantuan Home-Lab-Kit Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Komputasional dan Keterlibatan Mahasiswa. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-elisabeth pratidhina founda noviani-19703261013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang diberi nama pembelajaran online fisika investigatif (POFI) berbantuan home-lab- kit yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir komputasional dan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran fisika online di perguruan tinggi. Studi ini merupakan penelitian desain pembelajaran (instructional design) yang mengadaptasi kerangka ADDIE, dimana ada 5 fase yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) diperoleh model POFI berbantuan home- lab-kit dengan sintaks yang terdiri dari orientasi, eksplorasi, pemodelan, evaluasi & revisi, aplikasi, serta refleksi dilengkapi dengan sistem pendukung berupa perangkat pembelajaran (satuan perkuliahan, LKM, modul, LMS, instrumen soal berpikir komputasional, instrumen pengukur keterlibatan mahasiswa), serta home- lab-kit sebagai media; (2) model POFI berbantuan home-lab-kit memenuhi kualitas layak untuk digunakan dalam kegiatan perkuliahan; (3) profil keterampilan berpikir komputasional mahasiswa setelah mengikuti kelas dengan model POFI berbantuan home-lab-kit lebih baik daripada sebelumnya, profil keterlibatan mahasiswa setelah mengikuti kelas dengan model POFI berbantuan home-lab-kit juga lebih baik daripada sebelumnya (4) model POFI berbantuan home-lab-kit terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir komputasional dan keterlibatan mahasiswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pemodelan, keterampilan berpikir komputasional, keterlibatan mahasiswa, pembelajaran online, fisika.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:57
Last Modified: 27 Mar 2023 04:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76977

Actions (login required)

View Item View Item