PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS 1 DI KAPANEWON WATES

Muthmainah, Sekar (2023) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS 1 DI KAPANEWON WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_sekar muthmainah_19108241077.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan pengembangan Kurikulum Merdeka yang diharapkan mampu memulihkan kondisi learning loss pada siswa dengan pembelajaran yang lebih terfokus pada pendalaman materi. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Kurikulum Merdeka memiliki karakteristik yang mampu memberikan pengalaman pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan. Pemberian pembelajaran dengan suasana belajar menyenangkan menumbuhkan minat belajar matematika lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaraan Kurikulum Merdeka terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus 1 di Kapanewon Wates. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Ex Post Facto. Sampel penelitian ini terdiri dari 133 siswa kelas IV SD gugus 1 di Kapanewon Wates. Data dikumpulkan melalui skala secara langsung. Instrument yang digunakan diantaranya adalah skala psikologi pembelajaran Kurikulum Merdeka dan minat belajar matematika. Validitas instrument diuji berdasarkan validasi ahli dan nilai corrected item-total correlation. Reliabilitas berdasarkan koefisien Alpha’s Cronbach pada skala Kurikulum Merdeka dan minat belajar matematika menunjukkan nilai α = 0,903 dan α = 0,934. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji regresi linier sederhana menggunakan program SPSS (Statistical Program for Social Science) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran Kurikulum Merdeka terhadap minat belajar matematika pada siswa kelas IV SD gugus 1 di Kapanewon Wates (p<0.05) dengan koefisienn determinasi sebesar 0,490. Hal ini dapat dibuktikan dengan persamaan regresi linier sederhana adalah: Y = 18,213 + 0,678X, dinyatakan H1 diterima H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV SD gugus 1 di Kapanewon Wates.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, minat belajar, karakteristik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:33
Last Modified: 14 Mar 2023 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76947

Actions (login required)

View Item View Item