PENGEMBANGAN MEDIA ARTALA “ULAR TANGGA PANCASILA” UNTUK PEMBELAJARAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Nurjanah, Safira (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ARTALA “ULAR TANGGA PANCASILA” UNTUK PEMBELAJARAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_safira nurjanah_18108244046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media ARTALA “Ular Tangga Pancasila” yang layak digunakan untuk pembelajaran pada materi Pancasila kelas III sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD N Delegan 3 yang teridiri dari 3 siswa dalam uji coba lapangan awal dan 12 siswa dalam uji coba lapangan utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket yang terdiri dari angket penilaian ahli materi, penilaian ahli media, respon guru, dan respon siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran materi Pancasila. Hasil validasi materi memperoleh rata-rata skor 4,42 dengan kriteria “sangat layak”. Hasil validasi media memperoleh rata-rata skor 4,33 dengan kriteria “sangat layak”. Hasil respon guru memperoleh rata-rata skor 4,87 dengan kriteria “sangat layak”. Hasil respon siswa pada uji coba lapangan awal memperoleh rata-rata skor 4,9 dengan kriteria “sangat layak”. Hasil respon siswa pada uji coba lapangan utama memperoleh rata-rata skor 4,85 dengan kriteria “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, ular tangga, kelas III
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:04
Last Modified: 09 Mar 2023 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76908

Actions (login required)

View Item View Item