PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL (KOMIDI) BERBASIS ADOBE ANIMATE UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Sa’diyah, Dwi Chalimatus (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL (KOMIDI) BERBASIS ADOBE ANIMATE UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_dwi chalimatus sadiyah_18108244064.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Komik Digital (KOMIDI) berbasis Adobe Animate pada Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan khususnya muatan pembelajaran IPS pada KD 3.4 dan 4.4 yang telah diuji kelayakan konseptual dan kelayakan empirisnya untuk digunakan dalam rangka menumbuhkan karakter nasionalisme pada pembelajaran di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan atau juga disebut Research and Development (R & D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dibatasi pada empat langkah, yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), dan Implement (implementasi). Tahap implementasi dibatasi pada penialain respon guru dan siswa. Subjek uji coba dilakukan dengan sejumlah 12 siswa kelas V SD Negeri Pandeyan dengan rincian subjek kelompok kecil berjumlah 3 siswa dan subjek uji coba kelompok besar berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan masuk dalam kategori “Sangat Layak” dan “Sangat Praktis”. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi masuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan skor persentase 93,1%. Hasil validasi ahli media masuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan skor persentase akhir 89% dan “Sangat Praktis” dengan skor persentase akhir 89%. Hasil penilaian respon guru masuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan skor persentase 98,46% dan “Sangat Praktis” dengan skor persentase 100%. Hasil penilaian respon siswa dalam uji coba kelompok kecil masuk dalam kategori “Sangat Praktis” dengan skor persentase 88,44%. Serta hasil penilaian respon siswa dalam uji coba kelompok besar masuk dalam kategori “Sangat Praktis” dengan skor persentase 88%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Komik Digital (KOMIDI), Adobe Animate, Menumbuhkan Karakter Nasionalisme, Siswa Kelas V
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:57
Last Modified: 08 Mar 2023 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76850

Actions (login required)

View Item View Item