MODEL PEMBELAJARAN LITERASI DASAR BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR

Laila, Alfi and Budiningsih, Asri (2022) MODEL PEMBELAJARAN LITERASI DASAR BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-alfi laila-14703261018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran literasi dasar bermuatan kearifan lokal Kediri (Mobelitas Rifki) yang (1) layak, (2) efektif, dan (3) praktis untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Gall, Gall, and Borg (2003). Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar (SD) di Kediri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kediri. Pengelolaan data menggunakan mixed method dengan data kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kelayakan Mobelitas Rifki dikumpulkan dengan menggunakan lembar skala penilaian oleh ahli pembelajaran dan ahli materi. Data kepraktisan Mobelitas Rifki dikumpulkan dengan menggunakan lembar penilaian oleh guru sebagai pelaksana Mobelitas Rifki. Data keefektifan dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes siswa kelas IV SD di Kediri. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan uji prasyarat, uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Mobelitas Rifki yangdihasilkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa SD di Kediri. Skor yang diberikan oleh (a) media media yaitu 50 (layak digunakan), (b) ahli model pembelajaran yaitu nilai rata-rata 21,43 atau nilai 4108,33 (sangat layak digunakan), dan (c) ahli assessement yaitu 92,41 atau rata-rata 20,57 (sangat layak digunakan). (2) Mobelitas Rifki efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas IV SD di Kediri, terbukti dari hasil uji coba operasional dengan independent t-test. Nilai rata-rata kelas kontrol lebih rendah dari pada nilai rata-rata kelas eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh perbedaan yang signifikansi nilai rata-rata hasil uji coba antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Mobelitas Rifki pada siswa kelas IV SD di Kediri. (3) Mobelitas Rifki praktis untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas IV SD di Kediri, yang terbukti dari hasil penilaian oleh guru sebesar 82,97 dengan rata-rata sebesar 68. Dengan demikian maka model pembelajaran Mobelitas Rifki ini dapat direkomendasikan untuk digunakan di SD.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kearifan lokal, literasi dasar, membaca, menulis, model pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Jan 2023 08:56
Last Modified: 24 Jan 2023 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76203

Actions (login required)

View Item View Item