Implementasi Pendidikan Kemataraman Berbasis Kearifan Lokal dengan Platform Pendidikan Karakter Kulon Progo di SD Negeri 1 Karangsari

PREHADINI, TAMPI (2022) Implementasi Pendidikan Kemataraman Berbasis Kearifan Lokal dengan Platform Pendidikan Karakter Kulon Progo di SD Negeri 1 Karangsari. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_tampi prehadini_19712251049_1664350309.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Pendidikan Kemataraman berbasis Kearifan Lokal dengan Platform PendekarKU (Pendidikan Karakter Kulon Progo) di SDN 1 Karangsari yang merupakan sekolah inti pelaksana Pendidikan Kemataraman di Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini antara lain kepala sekolah, guru, orang tua/ wali peserta didik, dan peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Karangsari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah melaksanakan Pendidikan Kemataraman berdasar silabus yang ditetapkan oleh Dikpora Kulon Progo dengan berbagai penyesuaian pada aspek metode, materi, dan media pembelajaran. Adapun strategi yang ditempuh untuk mengoptimalisasikan Pendidikan Kemataraman antara lain: 1) guru melakukan penyesuaian antara materi yang termuat dalam silabus dengan level kognitif peserta didik; 2) kepala sekolah dan guru melakukan pemetaan unsur-unsur budaya kemataraman agar dapat diajarkan secara learning by doing; 3) memanfaatkan sarana permainan tradisional, manekin berbusana adat Jawa, dan berkontribusi sebagai peserta merti dusun, kirab budaya, serta berbagai perlombaan tradisional; 4) kepala sekolah, guru, dan orang tua/ wali peserta didik bekerja sama mengintegrasikan Pendidikan Kemataraman dengan dimensi potensi keunggulan lokal yang terdiri dari lima aspek, yaitu SDA, SDM, daya guna fenomena geografis, sikap, dan dimensi historis berwujud benda yang keberadaannya masih dilestarikan di Padukuhan Kopat; 5) kepala sekolah dan operator menertibkan penggunaan platform PendekarKU agar dapat melampaui target pelaksanaan yaitu delapan belas kali setiap bulannya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kemataraman, kearifan lokal, platform PendekarKU
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:31
Last Modified: 09 Dec 2022 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75625

Actions (login required)

View Item View Item